Hagia Sophia

17 July 2023

Harga Makanan di Beberapa Tempat Ini Terlalu Mahal, Buat Kantong Bolong

Foto: Site news

Harga makanan di tempat wisata hingga rest area sering diprotes karena terlalu mahal. Dalam beberapa kasus, banyak tempat makan yang viral karena masalah harga.

Setiap restoran dan tempat makan memang memiliki patokan harga masing-masing. Sesuai dengan bahan makanan yang digunakan, hingga lokasi tempat yang menentukan.

Biasanya harga makanan akan cenderung lebih mahal, jika dibeli di tempat wisata, bandara hingga rest area. Tapi ada beberapa orang yang mengeluhkan bahwa harga makanan tersebut terlalu mahal, bahkan tak masuk akal.

Seperti menu nasi Padang ratusan ribu rupiah di dalam Taman Safari, hingga menu nasi dan ayam goreng di rest area yang viral beberapa waktu lalu.

Berikut lima tempat makan yang harganya disebut terlalu mahal.

1. Makan Mahal di Rest Area
Bikin Kantong Kering, Harga Makanan di 5 Tempat Ini Terlalu Mahal Foto: Site news

Kisah ini dibagikan oleh seorang wanita bernama Nila Latarissa yang membagikan pengalamannya lewat akun TikTok. Dalam video, Nila membagikan sebuah foto yang memperlihatkan struk makanan dari salah satu restoran di rest area.

Saat itu Nila bersama lima orang lainnya sedang makan di rest area Tol Jagorawi Km 10 yang ada di daerah Cipayung, Jakarta Timur.

Nila dan 5 orang lainnya memesan beberapa porsi makanan. Di antaranya ada ayam goreng, soto daging, nasi gulai kikil, nasi ikan kembung, hingga soto Kudus. Harga makanan yang dipesan oleh Nila dibanderol mulai dari Rp 10.000 - Rp 45.000 per porsinya.

Total yang dihabiskan Nila saat makan di restoran rest area itu adalah Rp 495.000. Menurut Nila harga tersebut terlalu tinggi dan restoran tersebut melakukan getok harga.

2. Makan Mie Instan di Kafe
Bikin Kantong Kering, Harga Makanan di 5 Tempat Ini Terlalu Mahal Foto: Site news

Baru saja terjadi, seorang pengguna Facebook bernama Derrel Surbakti membagikan bon tagihan makannya di sebuah kafe. Lewat akun Facebooknya, ia menceritakan mampir makan di kafe bernama Poesaka Boenda, Siosa, Sumatra Utara.

Di sana ia memesan tiga gelas kopi susus aren, dua es jeruk, empat nasi goreng dan satu Indomie goreng telur seharga Rp 25.000. Setelah ditotal dengan PPN dan service charge, totalnya ia harus membayar Rp 419.210.

Unggahan tersebut langsung viral dan ramai ditanggapi netizen. Banyak netizen yang setuju bahwa harga tersebut terlalu mahal untuk menu-menu sederhana yang ditawarkan di sana.

3. Nasi Padang Mahal di Taman Safari
Bikin Kantong Kering, Harga Makanan di 5 Tempat Ini Terlalu Mahal Foto: Site news

Taman Safari Indonesia yang terletak di Cisarua, Bogor, kerap jadi destinasi wisata keluarga saat akhir pekan. Tak hanya bisa berinteraksi langsung dengan para satwa, di dalamnya juga terdapat banyak penjual makanan.

Namun yang membuat salah satu pengunjung terkejut, karena nasi Padang yang harganya selangit mencapai Rp 120.000. Yang membuat seporsi nasi Padang ini menjadi mahal, karena setiap lauk dan komponennya dihitung satuan.

Seperti sayur nangka dihargai Rp 15.000 per sendok, begitu juga dengan tambahan sayur singkong dan sambel cabe ijo yang harganya masing-masing Rp 8.000.

Padahal porsi yang diberikan biasa saja. Tentunya hal ini memancing komentar beragam dari netizen.

4. Nasi Padang di Bandara
Bikin Kantong Kering, Harga Makanan di 5 Tempat Ini Terlalu Mahal Foto: Site news

Tak hanya di Indonesia saja, kejadian nasi Padang harga mahal juga bisa ditemukan di Singapura. Seperti kisah netizen bernama Udaya kecewa dengan nasi Padang yang ia beli di Jewel Changi Airport, Singapura.

Mampir ke gerai Padang Lezat, ia memilih nasi putih dengan sayur tumis pare dan kacang panjang, ikan bilis, dan ayam goreng. Udaya tak menyangka kalau ia ditagih total SGD 13 atau sekitar Rp 143 ribu untuk nasi Padang tersebut.

Ia mengatakan pegawai di gerai tersebut tidak memberikan informasi harga sama sekali. Ia hanya diarahkan untuk memesan nasi putih dan memilih lauknya.

5. Makan di Kawasan Wisata
Bikin Kantong Kering, Harga Makanan di 5 Tempat Ini Terlalu Mahal Foto: Site news

Melalui video di YouTube, seorang pria menceritakan pengalaman makan di sebuah restoran yang ada di kawasan wisata, yakni SituCileunca,Pangalengan, Jawa Barat.

Saat itu, pria bernama Rudiman bersama teman-temannya memesan 11 porsi ayam bakar dan goreng yang totalnya mencapai Rp 440.000. Tak hanya itu, ia juga memesan menu lainnya.

Mulai dari karedok, jengkol, ikan asin lengkap dengan minuman hingga totalnya mencapai Rp 915.000. Rudiman merasa restoran tersebut menggetok harga.

Namun, pihak restoran mengatakan bahwa mereka tidak pernah menggetok harga. Harga yang mahal itu kemungkinan Rudiman memesan menu makanan lewat jasa calo, tidak langsung ke restoran.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Bikin Kantong Kering, Harga Makanan di 5 Tempat Ini Terlalu Mahal"