Hagia Sophia

17 July 2023

Bagai Mukjizat, Anak Laki-laki Ini Selamat dari Kecelakaan Horor

Ilustrasi operasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb)

Bak mukjizat, bocah laki-laki berhasil selamat dari kecelakaan horor yang membuat dirinya mengalami internal decapitation atau putus di kepala bagian dalam. Pangkal tengkorak dan bagian atas tulang belakang terlepas, tetapi kulitnya tampak utuh.

Cedera langka ini dialami Suleiman Hassan (12) akibat tertabrak mobil saat bersepeda. Dia dilarikan ke Pusat Medis Hadassah, Yerusalem, Israel. Operasi berlangsung selama berjam-jam.

Dr Ohad Einav, yang memimpin operasi tersebut, mengatakan timnya harus menggunakan pelat dan fiksasi baru di area yang rusak.

"Kemampuan kami menyelamatkan anak itu berkat pengetahuan kami dan teknologi paling inovatif di ruang operasi," beber dia, dikutip dari New York Post.

Einav dan timnya berjuang untuk menyelamatkan anak laki-laki tersebut, dengan peluang keberlangsungan hidup Hassan semula diperkirakan hanya 50 persen.

"Fakta bahwa anak seperti itu tidak memiliki defisit neurologis atau disfungsi sensorik, motorik dan bahwa ia berfungsi normal dan berjalan tanpa bantuan setelah proses yang begitu lama, bukanlah hal mudah."

Marc Siegel, profesor klinis di NYU of Medicine, menjelaskan bahwa operasi itu hanya mungkin dilakukan karena beruntung, pembuluh darah utamanya tetap utuh.

"Kuncinya adalah menjaga aliran darah ke otak," katanya.

"Kedengarannya seperti, dari cerita bahwa pembuluh darah utama kemungkinan besar tidak terputus dan ini melibatkan pembentukan kembali ortopedi, mungkin menggunakan batang dan ligamen yang disambungkan kembali dan cangkok tulang dan implan."

Ayah Suleiman menemani putranya selama pemulihan dan berterima kasih kepada para ahli bedah karena telah menyelamatkan nyawa putranya.

"Saya akan berterima kasih sepanjang hidup saya karena telah menyelamatkan putra satu-satunya tersayang. Memberkati kalian semua," katanya.

"Yang menyelamatkannya adalah profesionalisme, teknologi, dan pengambilan keputusan yang cepat oleh tim trauma dan ortopedi. Yang bisa saya katakan hanyalah terima kasih yang sebesar-besarnya."



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Detik-detik Dokter Berhasil 'Pasang' Kepala Bocah 12 Tahun usai Kecelakaan Horor"