Hagia Sophia

29 August 2023

Ini Kata BMKG Terkait Hujan Buatan di Jabodetabek

Kawasan Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan buatan pada Minggu (27/8/2023) malam. Foto: Triono/detikcom

Wilayah Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan buatan beberapa hari terakhir, termasuk semalam, Minggu (27/8/2023). Hal ini dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara yang parah di kawasan Jabodetabek.

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Fachri Radjab, menjelaskan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) ini dibagi menjadi dua tahap. Pertama sudha berlangsung pada 19 hingga 21 Agustus 2023, dengan basecamp di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Kemudian TMC periode kedua berlangsung pada 24 Agustus hingga 2 September 2023 dengan basecamp di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

"Sampai dengan saat kemarin kita sudah melakukan 13 sortie untuk penyemaian garam dengan total bahan semai 8.800 kilogram garam dan 1.600 kilogram CaO. Kenapa kita pakai CaO? Ini memang tipikal untuk mengatasi polusi yaitu kita sebar dulu untuk mengurai polutan-polutan baru," ungkapnya dalam konferensi pers, Senin (28/8/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan, TMC ini hanya bisa dilakukan dengan syarat ada awan yang bisa disemai sehingga pihaknya melakukan pemantauan lebih dulu perihal potensi awan mana yang bisa disemai.

"Sekecil apa pun peluang yang ada kita kejar untuk bisa bikin hujan. Makanya pemantauan awan yang intens itu yang menjadi krusial di sini," pungkas Fachri.

Data terakhir pada Minggu (27/8) pukul 18.53 WIB, Citra Radar Cuaca wilayah Jabodetabek menunjukkan terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek bagian selatan.

"TMC periode 19 - 21 Agustus 2023 di wilayah Jawa bagian barat berhasil dengan adanya curah hujan pada 20 Agustus 2023 dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di sebagian wilayah Kab. Bogor. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kab. Lebak, Depok, Kab. Tangerang dan Tangerang Selatan," tertera dalam paparan BMKG.

"TMC tanggal 27 Agustus 2023 di wilayah Jawa bagian barat berhasil dengan adanya curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Kab. Bogor dan Depok. Sedangkan hujan dengan intensitas Ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bogor, Depok, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Tangerang Selatan," tertulis lebih lanjut.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata BMKG soal Hujan Buatan, Sengaja Dibikin untuk Atasi Polusi Jabodetabek"