Hagia Sophia

29 August 2023

Beberapa Kebiasaan Sepele yang Bisa Memperpendek Umur

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/kieferpix

Umumnya sebagian besar orang mengetahui bahwa kebiasaan seperti merokok, minum beralkohol, hingga tidak olahraga dapat membahayakan kesehatan. Akan tetapi ada kebiasaan lain yang juga dapat menjauhkan dari harapan untuk berumur panjang.

Kebiasaan ini mungkin terlihat sepele namun dapat mememperpendek usia. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang perlu diperhatikan karena dapat berdampak pada harapan untuk hidup lebih lama.

1. Begadang dan terlalu banyak tidur

Sebuah penelitian di Hardvard menemukan bahwa, tidur hanya lima jam sehari dapat mengurangi umur hingga 15 persen, namun tidur selama 10 jam atau lebih perhari juga memiliki efek negatif yang serupa. Keduanya meningkatkan risiko penyakit serta dapat mempercepat kematian.

Hal itu juga dijelaskan oleh penelitian dalam jurnal PLOS One yang menjelaskan orang tidur lebih dari sembilan jam sehari lebih berisiko untuk hidup yang lebih pendek. Oleh karenanya penting untuk memperhatikan waktu tidur yang cukup karena seperti halnya kurang tidur, jumlah yang berlebihan pun berdampak buruk bagi kesehatan.

2. Tidak Bersosialisasi

Salah satu kunci menuju kebahagiaan adalah persahabatan, demikian hasil studi Harvard dalam beberapa dekade. Selain bermanfaat untuk kebahagiaan, bersosialisasi membuat otak tetap aktif dan dapat membantu hidup lebih lama.

Penelitian tersebut juga menjelaskan seseorang hanya membutuhkan beberapa teman dekat untuk memiliki kehidupan sosial yang aktif. Sedangkan apabila hidup tanpa teman dan tidak bersosialisasi dapat memperpendek umur.

3. Minim Aktivitas

Para peneliti menemukan bahwa seseorang yang hidup lebih lama tidak ada yang benar-benar pensiun. Bukannya mereka terus-menerus bekerja hingga akhir usianya, namun setelah berhenti bekerja mereka masih mencari aktivitas agar tetap aktif serta merasa dirinya berguna.

Selain itu pengangguran tidak bekerja sama sekali diindentifikasi sebagai salah satu faktor penyebab kematian dini.

4. Terlalu Banyak Duduk

Para ahli menyatakan seseorang tidak hanya harus berolahraga setiap hari, namun penting juga untuk memiliki alasan bangun dan bergerak lebih banyak sepanjang hari. Sangat tidak sehat apabila memiliki gaya hidup yang kurang gerak dan duduk terlalu lama setiap hari menyebabkan seseorang kehilangan beberapa tahun dalam hidupnya.

5. Memiliki sikap yang buruk

Bukan hanya suasana hati, sikap buruk juga dapat merusak kesehatan secara menyeluruh. Orang negatif cenderung lebih stres hingga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit.

Sebuah studi Mayo Clinic selama 30 tahun menemukan bahwa orang optimis memiliki 50% risiko kematian dini lebih rendah dibandingkan dengan orang yang pesimis.

6. Konsumsi Produk Hewani

Salah satu studi dari Harvard Medical School menemukan bahwa makan satu porsi ekstra dari daging merah yang tidak diproses dapat meningkatkan 13 persen risiko kematian. Menurut para peneliti lemak jenuh dan jumlah natrium yang tinggi menjadi penyebabnya.

7. Penggunaan Gadget Berlebihan

Rasa sakit di leher, bahu, kepala hingga punggung telah terbukti disebabkan oleh adanya penggunaan ponsel. Schreiber menjelaskan bahwa postur abnormal yang berkelanjutan terbukti mengurangi umur dengan memberi tekanan pada organ dalam, pembuluh darah dan saraf. Selain itu nyeri kronis yang dialami dapat memperpendek umur.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Kebiasaan Sepele yang Tak Disadari Bisa Perpendek Umur"