Hagia Sophia

13 September 2023

Akibat Gigi Bungsu Alami Infeksi, Nyawa Wanita Ini Jadi Terancam

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Caitlin Alsop (27) asal Australia mengalami nasib nahas ketika sedang menikmati makan malam tenangnya. Ia menceritakan pada sebuah momen makan malam ketika ia masih berusia 23 tahun, lidahnya tergigit dan menjadi bengkak.

"Dalam hitungan jam lidah saya bengkak dan saluran napas saya mulai sedikit tertutup. Sangat sulit untuk bernapas dan saya tidak bisa bicara," ucap Alsop dikutip dari NY Post, Selasa (12/9/2023).

Ketika dibawa ke rumah sakit, tenaga medis mencurigai bahwa Alsop mengalami reaksi alergi parah bernama anafilaksis.

"Ada perasaan sesak napas dan kondisi tersebut membuat benar-benar tidak enak badan. Merasa mual dan hanya merasa lelah. Namun saya tidak makan sesuatu yang aneh-aneh, saya hanya makan burger vegan," ujarnya.

Dokter lantas memberinya adrenalin dan steroid, namun kondisi Alsop terus memburuk dengan cepat. Ia mengatakan bahwa ia terus pingsan dan tidak sadarkan diri. Kulitnya menjadi merah dan biru, bahkan hingga mengelupas.

"Kemudian lidahku menjadi hitam. Di situ muncul pembicaraan tentang amputasi. Mereka mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Saya sangat berterima kasih pada dokter dan perawat yang menyelamatkan saya, karena kondisi saya menjadi misteri selama beberapa waktu," kata Alsop.

"Akhirnya, ada seorang ahli anestesi yang berkata, 'Kami tidak tahu apa itu, tapi bisa jadi itu adalah Angina Ludwig'," sambungnya.

Kondisi tersebut merupakan infeksi dasar mulut yang langka disebabkan oleh gigi bungsu yang tersangkut. Dalam kasus Alsop, kondisi ini menyebabkan sepsis, semacam respons terhadap infeksi yang dapat menyebabkan kegagalan organ.

Selama kondisi tersebut terjadi, Alsop mengaku tidak merasakan rasa sakit sama sekali. Namun kondisi tersebut bisa saja membuatnya tewas.

Alsop mengungkapkan dokter harus membuatnya koma dan memberinya bius total. Tim medis memberikan bantuan khusus untuk menjaga oksigen dan memastikan bahwa organnya tidak mati. Karena kondisi tersebut menjadi kekhawatiran dari pasien sepsis.

Setelah berhasil bangun dari koma, Alsop mengaku sangat bersyukur saat itu.

"Saya sangat bersyukur berada di sini dan mendapatkan kesempatan kedua dalam hidup," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Gigi Bungsu Bikin Lidah Wanita Ini Menghitam dan Nyaris Dipotong, Kok Bisa?"