Hagia Sophia

13 September 2023

Waspadai, Luka Diabetes Bisa Berujung Amputasi Kaki

Foto: TikTok/kedidikakipalsu Layar Tangkapan Viral

Baru-baru ini, kisah seorang pria berusia 21 tahun asal Malaysia yang harus diamputasi menjadi sorotan. Pria bernama Mahathir itu mengidap diabetes lantaran sering mengonsumsi minuman manis dan bersoda.

Dikutip dari MStar, hampir setiap hari Mahathir membeli minuman tersebut. Sampai sekitar bulan April 2023, ia didiagnosis mengidap diabetes hingga kaki kirinya harus diamputasi.

"Karena kencing manis. Aku lebih banyak minum air (manis) daripada makan. Aku pulang sekolah beli, kalau pulang sekolah pasti beli," ujarnya soal air minum kemasan berkarbonasi yang begitu populer di kalangan siswa sekolah.

Lantas, bagaimana ciri-ciri luka diabetes yang bisa bikin kaki diamputasi?

Dikutip dari Medical News Today, pada pengidap diabetes, luka membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Luka ini sering muncul pada kaki. Penyembuhan yang lambat dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan komplikasi lain.

Dokter spesialis perawatan luka diabetes dr Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS menjelaskan bahwa luka pada pasien diabetes umumnya disebabkan oleh gesekan atau luka kecil yang tidak disadari.

"Sering kali pengidap diabetes itu punya kebiasaan buruk, yakni nggak nge-cek kebersihan kakinya habis mandi. Tiba-tiba ada luka aja, entah terkena gesekan pintu atau tiba-tiba berdarah," ujarnya saat ditemui detikcom beberapa waktu lalu.

dr Adi menjelaskan bahwa setiap orang memiliki keluhan yang berbeda sehingga penanganannya juga akan berbeda. Ia menjelaskan pentingnya melakukan pemeriksaan dan mengontrol gula darah bagi pengidap diabetes.

"Setiap orang keluhannya berbeda ya, penanganannya juga nanti beda. Ada baiknya sadari sejak dini kalau punya diabetes ya periksa dan kontrol gula darah," ungkap dr Adi.

Ciri-ciri Luka Diabetes

Luka diabetes sendiri dapat dikategorikan menjadi dua, yakni luka basah dan kering. Berikut adalah ciri-cirinya.

Diabetes basah
  • Terjadi luka pada bagian tubuh yang cenderung basah. Basahnya luka terjadi karena proses infeksi di dalam jaringan (tubuh yang luka) hingga menimbulkan nanah.
  • Bagi pengidap diabetes dengan luka basah, biasanya tidak merasakan apa-apa (lukanya tidak terasa sakit).
Diabetes kering
  • Luka pada bagian tubuh cenderung kering. Biasanya ditandai dengan perubahan warna kulit yang luka, seperti ada warna hitam di dalam kulit tersebut.
  • Bagi pengidap diabetes dengan luka kering, mereka akan mengalami sakit yang luar biasa. Hal ini terjadi karena pembuluh darah yang mampet.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Anggap Sepele! Ciri Luka Diabetes Seperti Ini Bisa Berujung Amputasi Kaki"