Hagia Sophia

13 September 2023

Haruskah Sarapan Dulu Sebelum Olahraga Pagi? Ini Kata Ahli

Foto ilustrasi: Gabin Vallet/Unsplash

Olahraga yang rutin diperlukan untuk menjaga kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Sebelum berolahraga, sebagian orang mungkin terbiasa untuk sarapan agar mendapat tambahan energi.

Tapi, sebagian lainnya bisa jadi sudah terbiasa berolahraga dengan kondisi perut yang kosong alias belum sarapan. Nah, sebenarnya lebih baik sarapan dulu atau tidak sih sebelum berolahraga?

Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Konsultan Foot and Ankle dr Dimas Radithya Boedijono, SpOT(K), menjelaskan secara prinsip makan atau tidak makan sebelum olahraga itu tidak mempengaruhi performanya. Tetapi, harus disesuaikan dengan olahraga apa yang akan dilakukan.

"Kalau kita menginginkan olahraga, misalnya lari maraton atau lari yang berat, mungkin kadang pagi-pagi harus ada asupan dulu untuk meningkatkan cadangan energi," jelas dr Dimas dalam talkshow keluarga sehat di Instagram Kementerian Kesehatan RI, Jumat (8/9/2023).

"Tapi, kalau kita olahraga yang relatif ringan, seperti HIIT atau lari 30 menit itu tidak terlalu perlu sarapan," lanjutnya.

Aman nggak sih olahraga sebelum sarapan?

dr Dimas mengungkapkan seseorang bisa saja berolahraga dengan aman meski belum makan atau sarapan. Pasalnya, tubuh masih memiliki sumber energi cadangan di dalam tubuh.

"Kita masih punya banyak cadangan (energi), banyak glikogen pada otot dan lemak yang ada di seluruh tubuh. Itu bisa kita pakai untuk memberikan energi," bebernya.

Bagi yang terbiasa sarapan atau ingin melakukan olahraga yang berat, dr Dimas memberikan tips agar tetap aman. Ia menyarankan untuk makan atau sarapan satu jam sebelum berolahraga.

Sebab, makan atau tidak sebelum olahraga umumnya tidak akan mempengaruhi performa tubuh saat berolahraga. Ini dibantu oleh banyaknya cadangan energi di dalam tubuh.

"Ya mungkin pagi-pagi 1 jam sebelum melakukan aktivitas, kita bisa ngopi dulu sambil makan roti atau sarapan ringan untuk menaikkan gula darahnya dulu," tutur dr Dimas.

"Tapi, kalau olahraganya nggak terlalu berat, sarapan tidak terlalu perlu. Toh, badan kita masih punya cadangan kok, jadi nggak usah khawatir," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mau Olahraga Pagi, Perlu Sarapan Dulu atau Tidak? Ini Kata Dokter"