Hagia Sophia

13 September 2023

Kurangi Polusi di DKI, BMKG Jelaskan Cara 'Bilas' Polusi Udara dengan Water Mist

Langit Biru Jakarta (Foto: Uyung/detikHealth)

Langit Jakarta belakangan tampak cerah berwarna biru dan berawan, bahkan sampai pagi ini, Selasa (12/9/2023). Disebut-sebut karena efek dari Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan metode water mist spraying menggunakan pesawat. Adapun metode tersebut dilakukan oleh BNPB bersama BRIN, BMKG, TNI, dan pihak terkait lainnya di wilayah Jakarta.

Mengenai hal tersebut, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, ada beberapa metode untuk melakukan TMC, yaitu proses menaburkan bubuk garam NACL untuk mempercepat terjadinya hujan, dan merekayasa menggunakan water mist generator maupun dengan air purifier aircraft.

Metode tersebut bertujuan untuk membersihkan polusi yang ada di udara dengan menggunakan mist atau semacam kabut dari air melalui pesawat.

"Jadi kemarin dilakukan dengan dua pesawat, satu menggunakan pesawat dari smart aviation dan satu lagi diambil dari Nabire. Nanti dia menggunakan pompa yang parameternya diperkecil sedemikian rupa, sehingga air yang keluar dari pesawat atau spray pesawat itu kecil-kecil kaya mist gitu," ucapnya saat dihubungi detikcom, Selasa (12/9).

"Jadi kalau boleh saya sederhanakan namanya kegiatan menyemprotkan air ke udara dengan dynamic mist generator yang pakai pesawat. Dia itu memiliki output kapasitas 5-10 liter per menit, sehingga dia sangat halus sekali butiran airnya itu," sambungnya lagi.

Saat ditanya apakah benar langit biru Jakarta karena hasil TMC water mist spray ini, Guswanto mengatakan harus diukur terlebih dahulu seberapa efektif metode yang digunakan tersebut. Sebab menurutnya, penyebab polusi udara salah satunya berasal dari sumber emisi, sehingga hal tersebut yang perlu dicari sumbernya.

"Karena saya sampaikan bahwa TMC dengan bubuk garam NACL, TMC dengan air purifier aircraft ataupun water mist generator di atas gedung itu sifatnya sementara, menurunkan polusi sementara," katanya.

"Yang penting sumber emisinya tadi, misalnya ditemukan sumber emisi 1.000 di sekitar jabodetabek, maka dia harus dikurangi. Kalau dibilang efektif atau tidak, barangkali 1-2 jam iya turun. Tapi setelah itu kembali lagi," sambungnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Langit Jakarta Biru, BMKG Jelaskan Cara 'Bilas' Polusi Pakai Metode Water Mist"