Hagia Sophia

13 September 2023

Akibat Kecanduan Minum Soda, Pria 21 Tahun Ini Kakinya Harus Diamputasi

Viral pria di Malaysia amputasi kaki gegara kecanduan soda. (Foto: TikTok/kedidikakipalsu)

Seorang pria di Malaysia harus kehilangan kakinya akibat penyakit diabetes. Pria bernama Mahathir itu mengaku penyakitnya muncul akibat kebiasaannya mengkonsumsi minuman manis dan bersoda.

Awalnya, pria 21 tahun itu mengaku ketagihan mengkonsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda. Dikutip dari MStar, hampir setiap hari Mahathir membeli minuman tersebut.

Sampai sekitar bulan April 2023, seminggu sebelum bulan Ramadhan, ia didiagnosis penyakit diabetes.

"Karena kencing manis.. Aku lebih banyak minum air (manis) daripada makan. Aku pulang sekolah beli, kalau pulang sekolah pasti beli," ujarnya soal air minum kemasan berkarbonasi yang begitu populer di kalangan siswa sekolah.

Akibat kondisi itu, kaki kirinya harus diamputasi. Mahathir mengaku merasa kesulitan setelah kehilangan kakinya.

"Jalannya susah. Jalannya juga susah, kerja juga berat," tuturnya yang pernah bekerja di salah satu restoran cepat saji di Kuala Lumpur selama setahun lebih.

"InsyaAllah kalau ada rezeki untuk masuk (bekerja). Kalau tidak, cari rezeki yang lain," ujarnya lagi melalui video yang viral di TikTok.

Kenapa Diabetes Bisa Sampai Amputasi Kaki?

Spesialis penyakit dalam, konsultan endokrin, metabolik, dan diabetes Eka Hospital Dr dr Indra Wijaya, MKes, SpPD-KEMD, FINASIM, FACP, menjelaskan diabetes yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Hal itu menyebabkan komplikasi yang berkaitan dengan pembuluh darah, baik yang besar maupun kecil.

Kondisi ini bisa menjadi semakin berat akibat adanya infeksi atau komorbid lain, sehingga rentan amputasi kaki.

"Diabetes tidak terkontrol (gula darah tinggi) dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah kaki sehingga aliran darah tidak lancar dan diperberat dengan adanya infeksi ataupun komorbid lain, sehingga rentan amputasi kaki," terangnya pada detikcom, Selasa (29/8/2023).


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kronologi Pria 21 Tahun Harus Amputasi Kaki Imbas Kecanduan Minum Soda"