Hagia Sophia

10 September 2023

Beberapa Tanda Kolestetol Tinggi yang Tidak Disadari, Ada Kesemutan

Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid

Ketidakseimbangan antara kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dengan kolesterol baik yang disebut High Density Lipoprotein (HDL) menjadi masalah. Penumpukan LDL dapat berdampak buruk bagi tubuh, karena lemak yang mengalir dalam darah mengeras sehingga terbentuk plak yang nantinya dapat menyumbat pembuluh darah.

Tingginya kolesterol dalam darah tidak memiliki gejala yang jelas, tetapi kondisi ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit tertentu. Dikutip dari Indiacom, ada beberapa tanda utama kolesterol jahat yang perlu diwaspadai.

1. Kesemutan
Berkurangnya suplai darah ke daerah tertentu yang mengalami penumpukan kolesterol, mempengaruhi saraf sehingga mengakibatkan kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki.

2. Nyeri dada
Ketidaknyamanan pada dada yang lebih dikenal dengan angina menjadi tanda khas kolesterol berlebihan pada seseorang yang mengidap penyakit arteri koroner. Penyumbatan pada arteri mengakibatkan kondisi tersebut bisa terjadi.

3. Kelelahan
Orang dengan kolesterol tinggi akan merasa mudah lelah, dikarenakan suplai darah ke otot berkurang.

4. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh tingginya kolesterol, yang kemungkinan dipicu akumulasi kolesterol pada arteri sehingga terjadi peningkatan resistensi pembuluh darah.

5. Permasalahan penglihatan
Adanya penyumbatan akibat kolesterol tinggi pada pembuluh darah yang mensuplai ke bagian mata, dapat berdampak buruk pada penglihatan seseorang.

Menurut WebMD, kolesterol tinggi dapat diatasi dengan melakukan olahraga yang teratur, tidak merokok, mempertahankan berat badan yang ideal, serta membatasi asupan lemak jenuh.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tetiba Kesemutan? Waspadai 5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Tak Disadari"