Hagia Sophia

10 September 2023

Waspadai Makan Makanan Terlalu Pedas yang Akibatkan Remaja 14 Tahun di AS Tewas

Keripik yang picu korban tewas. (Foto: site news)


Seorang remaja 14 tahun di Amerika Serikat meninggal dunia gegara tantangan viral di TikTok 'One Chip Challenge'. Dia dilaporkan tewas tak lama setelah mengonsumsi keripik super pedas untuk tantangan tersebut.

One Chip Challenge adalah tantangan memakan keripik super pedas sambil menahan diri makan atau minum selama mungkin. Keripik ini dibumbui dengan cabai Carolina Reaper dan Naga Viper yang terkenal dengan cabai terpedas di dunia.

Efek paling cepat dan bisa dirasakan saat mengonsumsi makanan pedas adalah sensasi panas atau seperti terbakar di rongga mulut maupun saluran pencernaan termasuk kerongkongan dan lambung. Dalam jumlah porsi yang lebih besar, makanan pedas bisa sampai membahayakan nyawa.

"Menyelesaikan tantangan keripik pedas ini dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Gejala setelah tertelan dapat berkisar dari ketidaknyamanan ringan, seperti rasa terbakar atau kesemutan di mulut, hingga sakit perut yang parah, mual, dan muntah," kata Lauren Rice, MD, Kepala Pengobatan Darurat Anak di Tufts Medical Center kepada Parents.

California Reaper Pepper secara resmi dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia, dengan ukuran hingga 2,2 Juta Scoville Heat Unit (SHUs) pada Skala Scoville. Naga Viper Pepper berada tepat di bawahnya dengan 1.382.118 SHU.

Skala tersebut mengukur kekuatan berbagai cabai dibandingkan dengan capsaicin, senyawa yang memberi rasa pedas pada cabai. Capsaicin murni mengandung 16 juta unit Scoville.

Orang yang berpartisipasi dalam tantangan ini mungkin juga mengalami nyeri dada atau jantung berdebar. Efek samping umum lainnya dari tantangan keripik pedas ini adalah batuk.

Batuk yang berlebihan saat keripik atau potongan keripik sedang ditelan dapat menyebabkan aspirasi. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru, infeksi atau peradangan pada paru-paru, atau mungkin memicu kondisi mendasar seperti asma.

"Penting bagi orang tua dan pengasuh untuk melakukan dialog terbuka dengan anak-anak mereka tentang tantangan media sosial sehingga anak-anak dapat memahami betapa berbahayanya, atau berpotensi mematikannya aktivitas ini," ujar Dr Lauren.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "One Chip Challenge Picu Korban Tewas, Ini Bahaya Makan Makanan Terlalu Pedas"