Hagia Sophia

10 September 2023

Beberapa Penyebab Bintik Merah pada Kulit

Foto: Getty Images/solidcolours

Bintik merah merupakan suatu kondisi ketika muncul titik atau noda pada tubuh. Bintik merah dapat muncul dengan berbagai ukuran, bentuk, dan tingkat kecerahan warna merah.

Bintik merah pada kulit memang sering terjadi, tetapi mencari apa penyebabnya bisa dibilang cukup sulit. Pasalnya, kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal.

Supaya detikers bisa lebih paham, simak penjelasan selengkapnya tentang penyebab bintik merah pada kulit di artikel ini!

Beberapa Penyebab Bintik Merah pada Kulit

Dilansir dari beberapa sumber, adapun beberapa penyebab bintik merah pada kulit yakni sebagai berikut:

1. Jerawat
Jerawat merupakan kondisi kulit yang sangat umum dialami oleh sebagian besar orang. Jerawat disebabkan oleh kombinasi produksi minyak, pori-pori tersumbat, bakteri, sel kulit mati, atau peradangan.

Jerawat menyebabkan perubahan warna kulit menjadi merah sekaligus membentuk benjolan atau bintik merah pada kulit. Meskipun tidak berbahaya, jerawat bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

2. Gigitan Serangga
Gigitan atau sengatan serangga seringkali menyebabkan iritasi ringan. Sengatan serangga jenis tertentu bisa menyebabkan rasa nyeri atau bahkan reaksi alergi serius.

Ketika menggigit atau menyengat, serangga akan menyuntikkan racun pada kulit Anda sebagai bentuk pertahanan. Air liur dari serangga tersebut akan menyebabkan kulit di sekitar gigitan menjadi bintik merah, bengkak, dan gatal.

3. Reaksi Alergi
Alergi kulit bisa terjadi karena mengalami iritasi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap sesuatu yang disebut dengan alergen. Penyebab alergi dapat beragam seperti makanan, serbuk sari, atau obat-obatan.

Ketika tubuh terpapar alergen, tubuh akan melepaskan zat kimia yang menyebabkan peradangan pembuluh darah. Reaksi alergi akan menyebabkan ruam gatal, benjolan, atau bintik merah.

4. Biang Keringat
Biang keringat terjadi ketika kelenjar keringat terblokir hingga menghalangi pelepasan keringat ke permukaan kulit. Keringat yang tertahan dalam kelenjar akan menyebabkan iritasi kulit.

Aktivitas fisik yang intens, berpakaian tebal, atau menggunakan produk kecantikan dapat menutupi pori-pori kulit sehingga menyebabkan biang keringat.

Iritasi dari biang keringat akan menyebabkan bintik merah pada kulit yang berukuran kecil disertai sensasi panas dan gatal.

5. Sunburn
Sunburn atau kulit terbakar terjadi karena paparan sinar matahari berlebihan dari radiasi ultraviolet (UV) matahari. Paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV dapat merusak kulit.

Sinar UVB dikaitkan dengan sunburn akan menyebabkan kulit terbakar dan memunculkan bintik merah pada kulit. Bintik merah pada kulit yang terkena sinar UV biasanya akan terasa nyeri.

6. Bercak Darah
Bercak darah pada kulit dapat muncul sebagai bintik merah kecil berbentuk titik-titik merah mirip gigitan serangga. Bintik merah pada kulit ini sebenarnya adalah pendarahan kecil di bawah kulit.

Bercak darah ini terjadi karena peningkatan tekanan darah yang menyebabkan pembuluh darah kecil pecah. Jika bercak ini terjadi tanpa sebab uang jelas atau terjadi secara rutin, segera hubungi dokter.

7. Eczema
Eczema atau dermatitis atopik merupakan kondisi kulit yang dapat menyebabkan bintik merah, gatal, dan iritasi pada kulit. Eczema adalah kombinasi dari faktor genetik, lingkungan, atau gangguan imunitas tubuh.

Eczema bisa dipicu oleh faktor-faktor tertentu seperti alergen, paparan kulit pada bahan kimia, dan perubahan cuaca yang ekstrem. Peradangan dari faktor tersebut akan menyebabkan bintik merah pada kulit disertai kulit kering.

8. Rosacea
Rosacea merupakan kondisi kulit yang belum diketahui penyebab pastinya. Namun, faktor seperti riwayat keluarga, cuaca panas, dan konsumsi makanan pedas akan menyebabkan bahkan memperburuk rosacea.

Rosacea akan menyebabkan bintik merah, ruam, dan pembengkakan pada area wajah. Perawatan dari penyakit ini memerlukan bantuan dari tenaga medis profesional.

9. Penyakit Lyme
Penyakit Lyme paling sering terjadi di Amerika Serikat yang disebabkan oleh bakteri spirochaeta Borrelia burgdorferi. Bakteri ini ditularkan melalui gigitan kutu yang terinfeksi bakteri tersebut.

Gigitan kutu akan menyebabkan kemunculan bintik merah pada kulit yang disebut dengan 'eritema migrans'. Bintik ini akan muncul beberapa hari hingga beberapa bulan setelah gigitan kuku terjadi.

10. Chicken Pox
Chicken pox atau cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zooster. Cacar air merupakan penyakit yang sangat menular terutama pada anak-anak.

Salah satu gejala khas dari cacar air adalah bintik merah pada kulit. Bintik merah akan muncul kecil hingga kemudian menjadi lepuhan berisi cairan dan pecah hingga membentuk kerak sesaat sebelum sembuh.

11. Lupus
Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan di beberapa bagian pada tubuh. Lupus terjadi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan dan sel yang sehat.

Salah satu bentuk gejala lupus pada kulit adalah munculnya bintik merah atau ruam pada kulit. Ruam seringkali disertai dengan rasa gatal dan terbakar serta dapat memburuk bila terkena paparan sinar matahari.

12. Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit autoimun sistematik terutama pada kulit. Psoriasis terjadi karena pertumbuhan sel kulit baru yang terjadi terlalu cepat. Hal ini akan menyebabkan peradangan kronis pada kulit.

Salah satu gejala paling umum adalah bercak merah yang menebal dan bersisik. Sel-sel kulit akan menumpuk dan berkembang dalam bentuk bercak merah yang gatal dan perih.

13. Tinea Versicolor
Tinea versicolor atau dikenal juga sebagai pityriasis versicolor adalah kondisi infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Penyakit kulit ini biasanya terjadi pada daerah dengan iklim hangat dan lembab.

Jamur Malassezia akan tumbuh di permukaan kulit secara berlebihan dan dapat menyebabkan masalah. Apalagi ketika jamur berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan perubahan warna pada kulit disertai bintik merah pada kulit.

Kapan Harus ke Dokter?

Dilansir dari laman Very Well Provider, Anda perlu menemui dokter ketika bintik merah pada kulit disertai gejala-gejala seperti:
  • Demam
  • Kelelahan
  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri hebat disertai bengkak
  • Keluar nanah dari ruam
Jika Anda mengalami bintik merah pada kulit disertai gejala bahaya seperti di atas. Segera dapatkan perawatan medis.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Penyebab Bintik Merah pada Kulit, Kapan Harus ke Dokter?"