Hagia Sophia

31 January 2024

Obat Herbal China Disebut Ampuh untuk Atasi Gejala Penyakit Ini

Ilustrasi obat herbal. (Foto: iStock)

Obat herbal China telah lama digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit. Beberapa penelitian dilakukan untuk melihat manfaat dari pengobatan tersebut.

Dalam studi baru, obat herbal China disebut bisa mengobati dan mengatasi gejala kolitis ulvaserativa, salah satu penyakit radang usus dan menyebabkan peradangan dan luka di lapisan usus besar dan rektum. Tingkat keparahan gejalanya bervariasi, namun bisa berupa sakit perut, tinja berdarah, dan diare.

Penelitian tersebut melibatkan sekelompok kecil pengidap kolitis ulserativa yang telah menerima pengobatan oral dengan herbal China indigo naturalis. Hasilnya, pasien yang mengonsumsi herbal tersebut gejalanya berkurang signifikan selama satu tahun.

"[Indigo naturalis] nampaknya sangat efektif dalam mempertahankan remisi," tulis para penulis dalam abstrak, yang dipresentasikan pada 25 Januari di Kongres Crohn's & Colitis yang berlangsung di Las Vegas dikutip dari Healthline, Senin (29/1/2024).

Indigo naturalis atau Huangdai dikenal dalam pengobatan tradisional China (TCM). Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji manfaat herbal ini termasuk untuk meredakan psoriasis.

Penggunaan obat herbal asal China untuk kolitis ulserativa ini bukanlah hal baru. Penelitian lain menemukan bahwa herbal China efektif untuk pengobatan penyakit radang usus ini.

"Indigo naturalis telah digunakan selama beberapa waktu. Ini dikenal, khususnya di beberapa bagian Asia, sebagai terapi induksi untuk kolitis ulserativa dan bahkan penyakit Crohn," ujar Rudolph Bedford, ahli gastroenterologi di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Studi Baru Teliti Manfaat Obat Herbal China, Ampuh Redakan Gejala Penyakit Ini"