Hagia Sophia

31 January 2024

Makanan Ini Kaya Vitamin D yang Diperlukan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Makanan yang mengadung vitamin D. (Foto: Getty Images/iStockphoto/yulka3ice)

Vitamin merupakan salah satu komponen terpenting untuk kesehatan tubuh. Salah satu vitamin yang diperlukan adalah vitamin D.

Umumnya, vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, vitamin D bisa juga didapatkan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Vitamin D berfungsi untuk membantu tubuh menyerap dan mempertahankan komponen yang diperlukan tulang, seperti kalsium dan fosfor. Jika kebutuhan vitamin D tidak terpenuhi dengan baik, seseorang bisa sering sakit, merasa lelah, hingga sering mengalami nyeri otot.

Maka dari itu, diperlukan beberapa asupan untuk memenuhinya. Apa saja makanan yang kaya akan vitamin D? Berikut daftarnya.

Ikan salmon
Tidak hanya baik untuk menambah kebutuhan protein, ikan salmon juga kaya akan vitamin D. Dikutip dari Women's Health, ikan salmon bisa mengandung sekitar 465 hingga 570 IU (international units) vitamin D.

Jamur
Vitamin D juga bisa didapatkan dari sumber nabati, salah satunya jamur. Jamur ini bisa mengandung 700 hingga 800 IU vitamin D, yang lebih dari cukup untuk kebutuhan harian manusia.

Telur
Setiap kuning telur mengandung 40 hingga 50 IU vitamin D. Asupan itu sekitar 6-8 persen dari kebutuhan harian manusia.

Telur ayam kampung juga mengandung vitamin D tiga hingga enam kali lebih banyak dibandingkan telur biasa. Jadi, disarankan untuk mengkonsumsi baik putih maupun kuning telurnya.

Jus jeruk
Jika lebih suka meminum vitamin D, jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin adalah pilihan yang bagus karena satu cangkirnya mengandung hingga 100 IU vitamin D, yaitu sekitar 16 persen dari kebutuhan harian wanita.

Pastikan memeriksa labelnya dan membeli jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin, karena jus biasa tidak memiliki nutrisi tambahan. Selain itu, berhati-hatilah dengan berapa banyak jus yang Anda konsumsi per hari karena jus tersebut mungkin mengandung banyak gula.

Yogurt
Dikutip dari Prevention, yogurt juga mengandung vitamin D. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), yogurt susu murni mengandung 31 IU vitamin D.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan Kaya Vitamin D yang Wajib Dikonsumsi Biar Nggak Gampang Sakit"