Hagia Sophia

31 January 2024

Beberapa Makanan Ini Bisa Membuat Gula Darah Naik

5 Makanan yang Membuat Gula Darah Naik (Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato)

Beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa membuat gula darah naik tanpa disadari. Jika konsumsi makanan yang bisa membuat gula darah naik itu tidak dibatasi, tentunya dapat meningkatkan risiko kondisi yang mengancam kesehatan, seperti hiperglikemia.

Hiperglikemia atau gula darah tinggi terjadi saat kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Dikutip dari laman Cleveland Clinic, seseorang dikatakan mengidap hiperglikemia ketika kadar gula darahnya lebih dari 125 miligram/desiliter (mg/dL).

Tidak semua orang yang mengalami hiperglikemia mengidap diabetes. Kendati demikian, orang-orang dengan kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes, apalagi jika kerap mengonsumsi makanan yang bisa membuat gula darah naik. Begitu juga dengan pengidap diabetes perlu membatasi sederet makanan berikut yang bisa memicu gula darah tinggi. Hal ini bertujuan agar tidak menyebabkan komplikasi serius.

Makanan yang Bisa Membuat Gula Darah Naik

Lalu, apa saja makanan yang bisa membuat gula darah naik tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Nasi putih
Gula darah tinggi tidak hanya disebabkan oleh makanan yang mengandung gula saja. Nasi putih, makanan pokok yang sering kita konsumsi sehari-hari, juga termasuk salah satu makanan yang harus dihindari pengidap gula darah tinggi.

Nasi putih tergolong sebagai biji olahan (refined grains). Biji olahan biasanya tidak lagi memiliki bagian seperti kulit atau lembaga, dan hanya menyisakan bagian endosperma yang mengandung karbohidrat dan sedikit protein. Kandungan karbohidrat inilah yang dapat menyebabkan gula darah meningkat, apalagi jika nasi putih dikonsumsi secara berlebihan.

2. Roti tawar
Sama seperti nasi putih, roti tawar merupakan salah satu makanan yangg mengandung karbohidrat tinggi. Karbohidrat yang ada pada roti tawar termasuk kategori karbohidrat simpleks. Dikutip dari laman WebMD, karbohidrat simpleks adalah jenis karbohidrat yang cepat diserap oleh tubuh sehingga membuat kadar gula darah gampang meroket.

Lantaran karbohidrat simpleks cepat dicerna, tubuh akan cepat merasa lapar. Hal ini bisa membuat seseorang overeating, yang mana berpotensi meningkatkan risiko kenaikan gula darah.

3. Pasta
Pasta termasuk salah satu makanan yang mengandung karbohidrat simpleks. Dikutip dari situs Diabetes UK, mengonsumsi pasta, terutama yang baru dimasak, dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang signifikan.

Pasta mengandung jenis karbohidrat yang disebut pati. Normalnya, pati memiliki struktur yang kuat sehingga sulit dicerna. Namun ketika dipanaskan dalam air, pati akan melemah sehingga memudahkan usus untuk memecah dan menyerapnya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan gula darah naik secara signifikan.

4. Kentang
Selain mengandung karbohidrat tinggi, kentang juga merupakan jenis makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik adalah indikator yang menunjukkan seberapa cepat makanan berkarbohidrat memengaruhi kenaikan gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat pula makanan tersebut menyebabkan kenaikan gula darah.

Dikutip dari Verywell Fit, kentang memiliki rentang indeks glikemik 53-111. Karenanya, terlalu banyak mengonsumsi kentang dapat meningkatkan risiko diabetes pada pengidap hiperglikemia.

5. Buah kering
Buah kering adalah camilan yang kaya akan vitamin, serat, dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Tapi di sisi lain, buah kering juga mengandung kadar gula buah (fruktosa) dan kalori yang lebih tinggi dibanding buah segar.

Hal tersebut dikarenakan hilangnya kandungan air pada buah tersebut. Dikutip dari Healthline, buah yang telah dibuang airnya dan dikeringkan memiliki kandunga fruktosa dan kalori yang lebih terkonsentrasi. Inilah yang membuat buah kering memiliki kadar gula dan kalori yang lebih tinggi dibanding buah segar.

Selain itu, ukuran buah kering yang cenderung kecil bisa membuat seseorang tanpa sadar mengonsumsinya secara berlebihan, sehingga meningkatkan kadar gula darah.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan yang Membuat Gula Darah Naik, Pengidap Diabetes Wajib Waspada"