Hagia Sophia

31 January 2024

Beberapa Minuman Alami Ini Bisa Turunkan Darah Tinggi

Foto: Getty Images/iStockphoto/Nirunya Juntoomma

Ketika hipertensi, pengobatan dan menerapkan gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk merendahkannya. Selain itu ternyata, konsumsi minuman tertentu juga bisa bantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Hipertensi yang dikenal juga dengan tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurang beraktivitas fisik, dan kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan obesitas, dilansir Healthline.

Saat tekanan darah meningkat, jantung dan pembuluh darah akan bekerja lebih keras. Seiring berjalannya waktu, hipertensi bisa merusak otot jantung dan mengakibatkan robekan di dinding arteri.

Kondisi juga berisiko menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, serta gagal ginjal. Karena itu, penting untuk menjaga tekanan darah dalam batas normal.

Selain makanan, sejumlah minuman tertentu dapat bantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Minuman ini terbuat dari bahan alami yang menyehatkan sehingga minim menimbulkan efek samping.

Cari tahu minuman penurun darah tinggi apa saja yang bisa dikonsumsi pada uraian di bawah ini.

Minuman untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penelitian menunjukkan beberapa minuman bisa bantu menurunkan tekanan darah tinggi, dikutip dari Medical News Today. Ada minuman apa saja?

1. Jus Delima
Buah delima kaya akan nutrisi seperti folat dan vitamin C. Tak hanya itu, buah ini juga punya efek antiinflamasi yang baik. Tinjauan literatur pada 2017 menemukan bahwa jus delima bisa bantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Karenanya, konsumsi buah ini dengan cara dibuat jus delima dapat menyehatkan jantung. Untuk membuat jus buah delima, pastikan tanpa menambah gula ke dalamnya, ya.

2. Jus Tomat
Jus tomat terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Menurut studi tahun 2019 di Jepang, konsumsi jus tomat tanpa tambahan garam dan gula sebanyak 200 ml setiap harinya dapat merendahkan tekanan darah tinggi.

Pada akhir penelitian, peneliti mencatat adanya penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada 94 penderita hipertensi dan prahipertensi yang tidak diobati.

3. Jus Buah Bit
Buah bit kaya akan nitrat, yakni senyawa yang diketahui memiliki efek menurunkan tekanan darah. Sebuah ulasan pada 2017 menemukan bahwa manfaat buah ini lebih besar dibandingkan efek dari nitrat saja. Dengan kata lain, senyawa ini bagus untuk kesehatan jantung secara keseluruhan.

Selain itu, jus buat bit mentah juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk merendahkan hipertensi.

4. Jus Buah Beri
Buah beri terutama bluberi dikenal tinggi akan antioksidan. Dalam ulasan tahun 2016 disebutkan bahwa konsumsi buah beri bantu menurunkan tekanan dari sistolik dan kolesterol LDL atau kolesterol 'jahat'.

Pastikan meminum jus buah beri yang tidak mengandung gula tambahan untuk merendahkan tekanan darah yang tinggi.

5. Susu Rendah Lemak
Susu rendah lemak atau susu bebas lemak diketahui kaya akan vitamin D yang bagus untuk tekanan darah sehat. Menurut studi pada 2018, peningkatan konsumsi susu rendah lemak dikaitkan dengan rendahnya tekanan darah sistolik dan diastolik.

Jenis susu ini dapat dikonsumsi kisaran 250 gram sehari dan tidak lebih dari 500 gram. Sekitar 28 gram produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yoghurt itu setara dengan 250 gram susu.

6. Teh Hibiscus
Teh hibiscus atau teh kembang sepatu mengandung antosianin atau senyawa yang menghambat oksidasi dan reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas.

Penelitian menemukan bahwa antosianin dan antioksidan lainnya bisa bantu pembuluh darah melawan kerusakan yang dapat menyebabkan penyempitan. Dengan begitu, kesehatan jantung dan tekanan darah akan terjaga.

7. Teh Hijau
Tinjauan literatur pada 2020 membandingkan efek konsumsi teh hitam dan teh hijau terhadap tekanan darah. Hasilnya, peneliti melaporkan bahwa asupan keduanya dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Akan tetapi, penurunan tekanan darah terjadi lebih signifikan pada teh hijau.

Namun perlu diingat, baik teh hijau maupun teh hitam mengandung kafein. Jika kafein dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

8. Jus Jeruk
Buah jeruk mengandung hesperidin yakni antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Jeruk dapat dijadikan jus untuk dikonsumsi sebagai penurun tekanan darah tinggi.

Studi tahun 2021 melaporkan konsumsi 500 ml jus jeruk yang kaya akan hesperidin setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

9. Jus Semangka
Semangka menyimpan asam amino yang disebut citrulline. Dengan mengkonsumsi buah ini, tubuh akan mengubah citrulline menjadi arginin yang bantu memproduksi oksida nitrat untuk melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas arteri. Efek inilah yang bantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah semangka dapat dikonsumsi menjadi jus. Studi pada 2019 menemukan bahwa wanita yang meminum jus semangka sebelum olahraga tidak mengalami peningkatan tekanan darah setelahnya.

Nah, itu dia sederet minuman penurun darah tinggi dari bahan alami yang dapat dikonsumsi. Selain itu, ada baiknya juga untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti perbanyak aktivitas fisik dan menjaga pola makan untuk bantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Minuman Penurun Tekanan Darah Tinggi dengan Bahan Alami"