Hagia Sophia

08 February 2024

Ini Saran Ahli Agar Terhindar dari Asam Lambung Saat Jadi Petugas KPPS

Ilustrasi pemilu. (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Beberapa waktu terakhir viral meme 'petugas KPPS' di media sosial TikTok. Meme tersebut menjadi candaan di media sosial dengan menyamakan kebanggaan menjadi petugas KPPS seperti menjadi anggota polisi atau TNI, atau abdi negara lainnya. Salah satu yang menjadi sorotan adalah gaji petugas KPPS yang dinilai tinggi.

Terlepas dari hal tersebut, spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH menuturkan pekerjaan petugas KPPS memang sangat berat. Petugas KPPS bisa bekerja selama 20 jam dalam sehari ketika periode pemungutan dan penghitungan suara.

Karena kondisi tersebut, masalah kesehatan yang kerap dialami oleh petugas KPPS berkaitan erat dengan keterlambatan makan atau tidak makan sama sekali. Di sisi lain, pekerjaan yang berat juga membuat petugas KPPS cenderung tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

"Yang dialami penyakit-penyakit seperti GERD, gangguan asam lambung, gastritis, pokoknya semuanya yang berhubungan dengan terlambat makan dan pola kerja," ucap dr Aru pada detikcom, Selasa (6/2/2024).

dr Aru mengingatkan sebaiknya petugas KPPS bisa lebih memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Pemilihan makanan yang salah dapat memperburuk kondisi tubuh khususnya pada sistem pencernaan.

Pastikan konsumsi sayur dan buah baik, dan asupan air putih cukup untuk setiap hari.

"Hindari memakan jenis-jenis makanan yang mengganggu pencernaan apalagi sudah punya penyakit pencernaan seperti kopi, junk food, alkohol, bahkan merokok," jelas dr Aru.

Selain itu, ia juga meminta petugas KPPS untuk sebaiknya menghindari minuman berenergi. Seperti yang diketahui, minuman berenergi kerap dikonsumsi untuk 'menambah energi' selama bekerja bekerja dalam waktu yang lama.

"Ya juga tidak baik (minum minuman energi) karena mengandung banyak gula sehingga bisa menyebabkan peningkatan gula darah. Selain itu belum ada bukti medis bahwa minum jenis itu meningkatkan energi," ujarnya.

dr Aru mengingatkan petugas KPPS harus sebisa mungkin mengelola stres dengan baik. Pekerjaan yang lama dan berat dapat membuat tingkat stres meningkat. Jika tidak dapat dikelola dengan baik kondisi ini dapat menyebabkan masalah pencernaan, misalnya pada lambung.

"Bila stres dan terlalu lelah apalagi pola makan yang tidak baik maka pada penderita gangguan lambung biasanya akan mengeluh mual, begah, kembung hingga nyeri ulu hati. Kadang sampai muntah dan BAB menjadi terganggu," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Takut Kena Asam Lambung Saat Jadi Petugas KPPS? Ini Saran Internis"