Hagia Sophia

08 February 2024

Wamenkes Sebut Rata-rata Usia Pasien Kanker di Indonesia Semakin Muda

Ilustrasi pasien kanker. (Foto: Getty Images/Morsa Images)

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono membenarkan rata-rata usia terkena kanker semakin muda. Meski tidak menyebutkan pasti pergeseran rentang usia yang terpapar, Dante menyebut sekitar seribu kasus kanker dilaporkan setiap hari di Indonesia.

"Seribu kasus baru per hari terdiagnosis kanker. Usianya semakin muda," tuturnya saat ditemui detikcom di RSCM Kiara Senin (5/2/2024).

Ada perbedaan jenis kanker yang banyak menyerang pria atau wanita. Pria lebih sering dilaporkan terkena kanker paru sampai kanker usus besar.

Sementara wanita kerap ditemui mengidap kanker serviks hingga kanker payudara.

"Beberapa masalah kanker, khusus masalah kanker yang utama pada wanita adalah kanker serviks dan kanker payudara sedangkan untuk laki-laki, kanker usus besar dan kanker paru-paru," sambungnya dalam agenda Kick Off Pengampuan Layanan Kanker tersebut.

"Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan, data dari Globocan 2022 secara global tercatat 20 juta kasus baru kanker, hampir 10 juta kematian kanker. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 400 ribu kasus kanker di tahun 2022. Dari segi finansial kanker memakan biaya yang sangat besar," sorotnya.

Karenanya, Kementerian Kesehatan RI menargetkan setiap provinsi memiliki rumah sakit utama layanan kanker yang mampu melakukan terapi radiasi, bedah kanker stadium lanjut, dan kemoterapi.

Target ini merupakan bagian dari transformasi kesehatan, khususnya transformasi layanan rujukan. Salah satu program dalam transformasi rujukan, yakni program pengampuan rumah sakit yang bertujuan meningkatkan aksesibilitas layanan rujukan, meningkatkan kapabilitas, serta mengembangkan SDM rumah sakit.

Program ini tidak hanya menargetkan setiap provinsi memiliki satu rumah sakit utama yang memiliki layanan kanker, tetapi juga setiap kabupaten mempunyai layanan madya. Rumah sakit madya, yakni rumah sakit yang mampu melakukan bedah tumor dasar dan kemoterapi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Usia Pasien Kanker di RI Makin Muda, Ini Jenis Terbanyak pada Pria dan Wanita"