Hagia Sophia

08 February 2024

Raja Charles III Ketauan Terkena Kanker Saat Jalani Pemeriksaan Pembesaran Prostat

Raja Charles III didiagnosis mengidap kanker (Foto: REUTERS)

Raja Charles III membagikan kabar kesehatannya ke publik. Setelah sebelumnya dirawat karena pembesaran prostat, pihak Istana Buckingham melaporkan Raja Charles mengidap kanker.

"Selama prosedur untuk (menangani) pembesaran prostat jinak yang dijalani Raja di rumah sakit baru-baru ini, diketahui ada masalah lain. Tes diagnostik lanjutan kemudian mengidentifikasi adanya kanker," begitu pernyataan pihak Istana dikutip dari laman resmi Buckingham Palace, Selasa (6/2/2024).

Pihak Istana mengatakan Charles memilih untuk membagikan laporan diagnosisnya untuk mencegah adanya spekulasi dan dengan harapan membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak kanker.

"Raja berterima kasih kepada tim medisnya atas intervensi cepat mereka, yang dimungkinkan berkat prosedur rumah sakit baru-baru ini," tambahnya.

Selama menjalani pengobatan kanker, Charles disebut mundur sementara dari tugas kerajaan. Tidak diketahui berapa lama dia akan absen dari tugas-tugas publik. Namun sebuah sumber menjelaskan Raja telah memilih untuk mempublikasikan diagnosisnya setelah jadwal pengobatan dimulai.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Raja Charles III Ketahuan Kena Kanker saat Jalani Pemeriksaan Pembesaran Prostat"