Hagia Sophia

08 February 2024

Kota Paling Futuristik Ternyata ada di China

Chongqing Kota Paling Futuristik, Ada Kereta Membelah Gedung hingga Bus Terbang. Foto: via The Tower Info

Sementara sejumlah kota lain di dunia baru membangun bahkan masih menyiapkan konsep kota futuristik, Chongqing sudah mewujudkannya dengan canggih. Kota ini disebut-sebut sebagai kota paling futuristik di dunia.

Chongqing adalah sebuah kota di barat daya China, dan merupakan kota terbesar di wilayah tersebut dengan populasi 30 juta jiwa.

Dikutip dari The Tower Info, kota ini dibangun di atas perbukitan di tepi Sungai Yangtze. Kondisi geografisnya tersebut tak menghalangi Chongqing menjadi kota yang padat dengan banyaknya gedung pencakar langit yang masih terus dikembangkan.

Keterbatasan lahan justru membuat para perencana kota dan arsitek di Chongqing memutar otak. Mereka merancang dan menemukan banyak cara baru untuk mengatasi masalah kelangkaan lahan, sehingga konsep futuristik benar-benar diterapkan dan menjadi kenyataan.

Jika berjalan-jalan di Chongqing, kita akan menemukan banyak pemandangan spektakuler yang mengejutkan layaknya di film fiksi ilmiah atau karya seni yang menggambarkan dunia masa depan.

Foto: via The Tower Info

Misalnya, gedung apartemen yang dibelah oleh jalur kereta yang melewatinya. Rancangan ini dibuat sebagai metode yang efektif untuk menyediakan ruang bagi jalur kereta api di kota yang padat perumahan. Bukan hal mengherankan melihat kereta lalu lalang melewati gedung-gedung tinggi di Chongqing.

Foto: via The Tower Info

Setiap gedung pada umumnya dihubungkan oleh jembatan penyeberangan dengan ketinggian 40 meter dari permukaan tanah. Jembatan tersebut dapat membawa pejalan kaki dari satu sisi jalan langsung ke lantai sebuah bangunan tempat tinggal.

Foto: via The Tower Info

Selain kereta rel, Chongqing juga memanfaatkan cable car atau kereta gantung sebagai transportasi. Sky bus atau bus terbang, demikian mereka menyebutnya, menjadi transportasi warga yang berangkat dari distrik Yuzhong ke distrik Nanan, melewati Sungai Yangtze yang jarak tempuhnya 2.110 meter. Setiap hari, lebih dari 10 ribu orang bolak balik dengan transportasi khusus ini.

Foto: via The Tower Info

Di Distrik Nanan, Chongqing, atap bangunan tinggi digunakan sebagai jalan. Jadi kita akan melihat mobil-mobil berjalan di atas gedung seperti jalan pada umumnya.

Setiap lantai dirancang sama seperti jalan-jalan di kota pada umumnya, dengan tersedianya ada fasilitas penunjang warga seperti rumah sakit, sekolah, gedung perkantoran, pasar, mall, wahana bermain anak-anak, dan lain-lain.

Foto: via The Tower Info

Karena ini, orang-orang akan merasa mereka menjejak tanah di lantai dasar. Padahal, mereka berada di lantai yang sangat tinggi. Berbagai keanehan yang menakjubkan ini tidak ditemui di manapun, sehingga pantas saja Chongqing dijuluki sebagai kota paling futuristik di dunia.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Chongqing Kota Paling Futuristik, Kereta Belah Gedung dan Bus Terbang"