Hagia Sophia

19 April 2024

Ungkap Perawat RS Terkait yang Terjadi pada Tubuh Jelang Kematian

Foto ilustrasi: Thinkstock

Seorang perawat rumah sakit mengungkapkan hal-hal yang terjadi pada tubuh saat menjelang kematian. Julie McFadden merupakan perawat terdaftar yang berbasis di Los Angeles, AS, membagikan apa yang dia ketahui melalui videonya yang diunggah di YouTube.

Dalam video viral tersebut, Julie membuka tentang apa yang terjadi pada tubuh saat jantung berhenti berdetak. Ia merinci penyebab orang cenderung buang air besar, mulut berbusa, dan berteriak di saat-saat terakhir hidupnya.

"Tubuh dapat melakukan hal-hal aneh di akhir hidup, yang bisa membuat takut banyak orang. Jadi, izinkan saya menjelaskan mengapa hal itu terjadi dan apa yang bisa kita lakukan," jelas Julie yang dikutip dari Daily Mail.

Wanita 41 tahun itu menjelaskan ada beberapa hal di tubuh yang membantu menjaga cairan tetap rendah.

"Jadi kita semua mempunyai sfingter di dalam tubuh kita yang menjaga cairan tetap masuk. Jadi, pada dasarnya di dalam perut kita terdapat banyak cairan yang membantu memecah makanan, hal-hal tersebut masih diproduksi ketika seseorang sedang sekarat," beber Julie.

"Ini memang sedikit melambat, tetapi tergantung pada penyakit seseorang (penyebab kematian), kadang-kadang produksinya lebih banyak," lanjutnya.

Julie mencatat bahwa saat tubuh akan mati, sfingter mulai terbuka dan menyebabkan keluarnya cairan. Itu yang membuat beberapa orang yang menghembuskan napas terakhir dan meninggal akan buang air besar.

"Hal lainnya yang mungkin dilihat, dari mulut dan hidung orang yang meninggal akan keluar air liur yang berbusa," tuturnya.

Jika kondisi itu terjadi, Julie menyarankan untuk membantu mengeluarkannya dari tubuh. Caranya dengan mendudukkan tubuh itu pada sudut 90 derajat atau memutarnya ke samping.

Perawat itu juga membagikan kondisi orang-orang ketika mereka mendekati kematian. Berdasarkan pengalamannya, ada beberapa orang yang menggertakkan gigi, menggeram, menjerit, atau berteriak.

"Satu teriakan terakhir, membuat wajah seperti sedang berteriak tetapi tidak ada yang keluar, seperti jeritan tanpa suara," pungkasnya.









 
















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Perawat Beberkan Hal yang Terjadi Pada Tubuh Jelang Kematian"