Hagia Sophia

05 January 2023

Microsoft Akan Hentikan Dukungan Teknis Windows 7 dan 8

Ilustrasi. Microsoft tak lagi memperbarui keamanan Windows 7 dan 8 pekan depan. (ROBYN BECK / AFP)

Microsoft menyetop pembaruan keamanan dan dukungan teknis lainnya bagi Windows 7 dan Windows 8.1 mulai 10 Januari.

Penyetopan itu juga menandai peluncuran Microsoft Edge 109, versi terakhir yang mendukung sistem operasi lama.

Dikutip dari The Verge, Microsoft Edge bukan satu-satunya browser tenar yang meninggalkan Windows 7 dan 8.1. Pada Oktober, Google mengumumkan Chrome akan menyetop dukungan untuk Windows 7 dan 8.1 pada 7 Februari.

Meskipun masih terus berfungsi di perangkat dengan dua sistem operasi itu, kedua browser itu tidak akan menerima pembaruan keamanan penting atau fitur baru apa pun.

Dukungan untuk WebView2, alat yang memungkinkan pengembang menyematkan konten berbasis web ke dalam aplikasi mereka, juga akan dihentikan pada 10 Januari.

Tenggat waktu pekan depan menyisakan sedikit waktu bagi pemilik komputer yang masih memakai Windows 7, yang diperkirakan mencapai sekitar 100 juta hingga 2021, untuk memutakhirkan perangkat mereka atau menanggung risiko keamanan.

Survei Lansweeper terhadap 27 juta perangkat Windows yang dilakukan Oktober lalu menemukan lebih banyak PC yang menjalankan Windows XP, 7, atau 8 daripada yang menjalankan Windows 11.

Microsoft pertama kali mengumumkan akhir dukungannya untuk Windows 7 pada 2020. Namun, itu cuma berlaku bagi pengguna yang membayar tambahan tiga tahun perpanjangan patch keamanan.

Jika Anda memiliki perangkat yang menjalankan Windows 7 dan 8.1, mungkin ini saat yang tepat untuk mengunduh Windows 10 atau 11 di PC Anda.

Jika itu tidak memungkinkan, Microsoft merekomendasikan untuk mengganti perangkat dengan yang lebih baru sebelum 10 Januari untuk menghindari potensi masalah keamanan.

Bagaimana cara upgrade-nya?

Dikutip dari India Today, upgrade Windows ke versi yang lebih baru gratis untuk saat ini.

Untuk upgrade ke Windows 10, pembaruan akan tersedia untuk diunduh dari halaman Pembaruan Windows (Windows Update) di Pengaturan (Setting).

Anda perlu me-restart perangkat Anda dan menyelesaikan instalasi. Setelah itu, perangkat Anda akan menjalankan Windows 10.

Untuk dapat memeriksa apakah PC Anda sudah menjalankan pembaruan Windows 10 2022, Anda hanya perlu memilih riwayat pembaruan di halaman pengaturan Pembaruan Windows.

Untuk Windows 11, tidak semua orang dapat mengaksesnya karena tidak mendukung sebagian besar PC lama. Ada syarat spek minimum untuk menginstalnya. Satu-satunya pilihan lain bagi Anda adalah membeli PC baru yang kompatibel dengan Windows 11.

Spek minimalnya adalah 4GB RAM, 1Ghz atau lebih cepat dengan 2 core atau lebih pada prosesor 64-bit, penyimpanan 64GB, versi TMP 2.0, layar 720p, dan kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0.






















Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Disuntik Mati Pekan Depan, Selamat Tinggal Windows 7 dan 8"