Hagia Sophia

05 January 2023

Tips Jaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Musim Hujan

Tips menjaga tubuh tetap fit di tengah musim hujan. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Sejumlah kota di Indonesia belakangan diguyur hujan setiap hari. Pada musim hujan ini, tubuh lebih rentan terkena penyakit seperti flu dan lainnya karena paparan bakteri atau virus.

Kondisi ini mungkin mengganggu aktivitas. Terlebih kini kegiatan sekolah hingga perkantoran sudah mulai kembali aktif. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tubuh tetap sehat saat hujan. Berikut caranya dikutip dari berbagai sumber.

Tips Menjaga Tubuh Sehat Saat Hujan

1. Hindari Konsumsi Junk Food
Mengonsumsi makanan pinggir jalan atau street food merupakan salah satu kebiasaan kebanyakan orang. Namun perlu diingat bahwa makanan ini dapat membawa virus yang berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit serius. Selama musim hujan, jalanan dipenuhi lumpur dan genangan air dengan banyak mikroorganisme. Makanan yang dijual di pinggir jalan juga berpotensi terkena virus.

2. Minum yang Cukup
Saat cuaca dingin, seseorang akan jarang merasa haus dan justru akan jarang minum. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu haus dan konsumsi air putih dengan cukup agar tubuh tidak dehidrasi. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik bahkan dalam suhu rendah agar membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

3. Bawa Perlengkapan Hujan
Agar tetap aman, ingat untuk membawa payung atau perlengkapan hujan lainnya. Payung menjadi penyelamat ketika sedang terjebak di luar ruangan pada saat hujan. Itu juga menjadi pelindung agar tidak terkena penyakit batuk, pilek, dan demam.

4. Hindari Konsumsi Makanan Pedas
Saat hujan, tubuh mungkin mengalami alergi atau iritasi kulit karena berbagai jenis makanan seperti makanan yang terlalu pedas. Disarankan untuk mengurangi kadar level pedas di makanan agar tidak terkena alergi dan penyakit lainnya.

5. Olahraga
Musim hujan bukan menjadi kendala untuk seseorang melakukan olahraga. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan. Salah satunya adalah yoga yang kerap dijadikan alternatif olahraga selama musim hujan.

Olahraga baik untuk menjaga imun. Pasalnya, aktivitas fisik meningkatkan sirkulasi darah, dan memicu produksi serotonin atau hormon kebahagiaan. Efek baiknya sistem kekebalan menjadi lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Survival Kit buat Jaga Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan"