Hagia Sophia

05 January 2023

Liga Itali: AS Roma Menang Tipis Atas Bologna 1-0

AS Roma menang tipis 1-0 atas Bologna. (Foto: AS Roma via Getty Images/Luciano Rossi)

AS Roma memulai tahun baru dengan kemenangan tipis. Penalti Lorenzo Pellegrini memenangkan I Lupi dalam laga alot lawan Bologna.

AS Roma memulai paruh kedua musim dengan menjamu Bologna di Olimpico, Rabu (4/1/2023) malam WIB dalam lanjutan Liga Italia. Tuan rumah sudah unggul cepat pada menit keenam, memanfaatkan penalti setelah Paulo Dybala dilanggar.

Roma menciptakan sejumlah peluang di sisa babak pertama, namun tak menambah gol. Babak kedua praktis yang milik Bologna, terlebih setelah Roma menarik keluar Paulo Dybala.

Tapi Roma berhasil menahan tekanan Bologna dan mengamankan tiga poin pertama tahun ini. Hasil ini menjaga Roma di posisi enam dengan 30 poin, menempel Lazio yang cuma unggul selisih gol.

Lazio, rival sekota Roma, kalah 1-2 di markas Lecce pada saat yang bersamaan.

Jalannya Pertandingan

Penalti! AS Roma dihadiahi penalti oleh wasit pada menit keempat, setelah Paulo Dybala diganjal Jhon Lucumi. Lorenzo Pellegrini mengambil tendangan dan sukses mengecoh kiper dengan sepakan ke arah kanan.

Roma kembali menekan dan menciptakan peluang pada menit ke-17. Sepakan jarak jauh Gianluca Mancini dibelokkan Nicolo Zaniolo, namun bola meluncur tipis saja di atas gawang.

Upaya lain dari Zaniolo tiga menit berselang juga belum membuahkan hasil. Masih mudah diamankan kiper Lukasz Skorupski.

Bologna coba merespons. Sepakan Riccardo Orsolini masih melenceng jauh, usai menyambut umpan Charalampos Lykogiannis.

Roma melanjutkan tekanannya. Tembakan Bryan Cristante diamankan kiper, sementara peluang dari Paulo Dybala masih melambung saja.

Sepakan Zaniolo pada menit ke-44 melebar. Babak pertama berakhir tanpa gol lain.

Bologna memulai babak kedua dengan lebih agresif. Tapi Roma yang lebih dulu mengancam lewat Zaniolo, kendati masih bisa diantisipasi kiper.

Tekanan beruntun dari Bologna pada menit ke-56, dalam situasi kemelut di kotak penalti Roma. Sepakan Lewis Ferguson diblok, lalu upaya lanjutan dari Lucumi bisa ditahan Rui Patricio.

Bologna meminta penalti pada menit ke-69 karena merasa Lewis Ferguson diganjal. Wasit malah mengacungi kartu kuning untuknya karena dianggap diving. VAR mengonfirmasi keputusan wasit.

Upaya Bologna lewat Jerdy Schouten pada menit ke-77 juga gagal. Sepakannya melambung, menyambut umpan dari Orsolini.

Roma kesulitan membangun serangan sejak Paulo Dybala ditarik keluar karena cedera para menit ke-76. Mereka lebih banyak menunggu dan mengincar lewat serangan balik.

Bologna mengancam pada menit ke-96! Mulanya sepakan Niklas Pyyhtia dari jarak dekat diblok Chris Smalling. Dari sepak pojok, sundulan Lucumi yang mengarah ke gawang disapu Tammy Abraham di garis!

Pertandingan usai untuk kemenangan Roma dengan skor tipis 1-0.

Susunan pemain

Roma: Rui Patricio; Mancini, Smalling, Ibanez; Celik, Cristante, Tahirovic (Nemanja Matic 64'), El Shaarawy (Nicola Zalewski 64'); Dybala (Edoardo Bove 74'), Pellegrini; Zaniolo (Tammy Abraham 60')

Bologna: Skorupski; Posch (Pyyhtia 82'), Soumaoro, Lucumi, Lykogiannis (Cambiasso 65'); Medel (Schouten 65'), Ferguson; Orsolini, Dominguez, Soriano (Aebischer 57'); Arnautovic















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Roma Vs Bologna: Penalti Pellegrini Menangkan I Lupi"