Hagia Sophia

02 February 2023

Nunung Srimulat Ungkapkan Dirinya Idap Kanker Payudara, Ini Gejalanya

Foto: Dokumentasi 20detik

Nunung Srimulat mengidap kanker payudara. Kabar ini diungkap Nunung tatkala dirinya diundang ke podcast YouTube milik Ruben Onsu.

Nunung mengatakan dirinya memang rutin mengunjungi dokter karena ada penyakit bawaan. Namun ia terkejut saat dokter mengatakan dirinya didiagnosa kanker payudara.

"Nah tiba-tiba ada sakit baru yang didiagnosa, ada kanker payudara. Ya pasti saya sedih, saya sedih tapi saya enggak boleh marah," lanjutnya.

Saat ini komedian berusia 59 tahun itu sedang menjalani tahap pemeriksaan dan biopsi untuk memeriksakan kankernya. Nunung juga sudah menjalani pemeriksaan berupa pengambilan foto kondisi paru-parunya untuk melihat penyebaran dari penyakit mematikan tersebut.

"Ya mudah-mudahan sih masih tetap [tidak menjalar]," kata Nunung.

Kanker payudara merupakan kanker yang terbentuk di payudara. Ini dapat terjadi akibat dari pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dan tidak terkontrol (sel kanker) di dalam payudara.

Gejala kanker payudara

Adapun gejala kanker payudara, seperti:
  • Benjolan atau penebalan payudara yang terasa berbeda dari jaringan sekitarnya
  • Perubahan ukuran, bentuk, maupun tampilan payudara
  • Perubahan pada kulit di atas payudara, seperti lesung pipit
  • Pengelupasan
  • Pengerasan kulit pada area berpigmen di sekitar puting atau kulit payudara
  • Kemerahan atau pitting pada kulit di atas payudara, seperti kulit jeruk
  • Apabila menemukan benjolan atau perubahan di payudara, segera periksa ke dokter untuk memastikan apakah itu kanker atau bukan.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nunung Srimulat Idap Kanker Payudara, Ini Gejala yang Bisa Muncul"