Hagia Sophia

02 February 2023

Ini Selebriti yang Alami Preeklamsia

Irish Bella pernah kehilangan bayi kembarnya di dalam kandungan akibat preeklamsia. (Foto: dok. Instagram Irish Bella)

Preeklamsia ditandai dengan tekanan darah tinggi pada saat kehamilan. Jika tidak diobati, maka preeklamsia dapat menjadi masalah serius bagi ibu dan bayi.

Meski berisiko tinggi, untungnya para selebriti ini bisa bertahan dari preeklamsia dan melahirkan anak-anak mereka dengan selamat. Dikutip dari HaiBunda, berikut ini 5 selebriti yang pernah alami preeklamsia.

1. Astrid Tiar

Saat mengandung putrinya yang bernama Annabel, Astrid Tiar mengalami preeklamsia. Saat itu, Astrid sempat keracunan sebab tekanan darahnya naik dan protein tidak tersalurkan ke bayi namun malah keluar melalui urin. Selain itu, artis sekaligus presenter ini mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuhnya seperti kaki.

Karena preeklamsia, Astrid tidak bisa beraktivitas dengan leluasa sebab selama hamil empat bulan itu, tensi darahnya mencapai 140-145 mmHg. Astrid pun akhirnya melahirkan bayi perempuannya secara caesar.

2. Tya Ariestya

Tya Ariestya pernah terindikasi mengalami preeklamsia di trimester akhir saat mengandung buah hatinya yang kedua. Karena itu, kehamilan keduanya saat itu harus melahirkan lebih cepat.

Berbagai usaha Tya lakukan dibantu oleh suami seperti olahraga, menerapkan pola hidup sehat, dan istirahat yang cukup. Ia memakai jasa katering untuk menjaga keseimbangan gizinya.

3. Winda Viska

Perjuangan Winda Viska ketika hamil anak ketiganya tidaklah mudah. Ia mengaku sempat stres lantaran mengalami preeklamsia. Tak hanya itu, Winda pun harus terpisah dengan sang buah hati yang dirawat di ruang ICU.

4. Irish Bella

Selebriti Irish Bella disebut mengalami preeklamsia atau preeklampsia yang akhirnya merenggut nyawa calon anak kembarnya. Preeklamsia mengakibatkan plasenta bayi lepas atau biasa disebut solusio plasenta.

"Iya (bayi) meninggal di dalam. Itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas, solusio. Itu disebabkan preeklamsia yang disebabkan mirror syndrome, itu salah satu penyebab preeklamsia," kata dokter ahli obstetri dan ginekologi dr Gatot Abdurrazak, SpOG, di RSAB Harapan Kita pada detikcom.

5. Cynthia Lamusu

Setelah 8 tahun tak kunjung dikaruniai momongan, Cynthia akhirnya bisa melahirkan anak pertamanya pada November 2016 lalu. Sayangnya persalinan tersebut harus dilakukan secara caesar karena personal B3 itu mengalami preeklampsia.

Menurut dokter yang menangani Cynthia saat itu, kehamilan Cynthia terpantau dengan baik. Akan tetapi tekanan darah wanita ini tiba-tiba meninggi di pemeriksaan terakhir, yaitu mencapai 170/100 mmHg. Agar tidak membahayakan Cynthia dan dua anak kembarnya, dokter lalu memutuskan untuk memajukan tanggal persalinan.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Selebriti Ini Pernah Alami Preeklamsia, Ada yang Janinnya Tak Selamat"