Hagia Sophia

02 February 2023

Pemanasan Global Bisa Akibatkan Munculnya Virus Purba

Mencairnya virus purba karena climate change. Foto: Science Alert

Bagi yang masih bertanya mengapa kita harus go-green, jawaban yang satu ini nampaknya bisa bikin kamu siap mendukung gerakan eco-friendly. Awas, pemanasan global bisa bangkitkan virus purba!

Ilmuwan biologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Profesor Rosichon Ubaidillah MPhil, PhD, menyampaikan dalam 'Eureka! Edisi ke-13: Serangan Zombie!', Senin (30/1/2023) malam, bahwa manusia sejatinya harus berharmoni dengan alam agar tidak muncul emerging dan reemerging infectious disease.

"Kita waspadai, kita tidak boleh semena-mena dengan alam. Supaya tidak muncul emerging dan reemerging infectious disease yang kemungkinan terjadi karena rusaknya alam, karena naiknya suhu dan karena perubahan iklim global. Ini akan mengakibatkan kesengsaraan banyak umat atau umat manusia seluruh dunia," ujar Prof Rosichon.

Faktanya, kenaikan suhu global akibat rusaknya Bumi membuat virus-virus purba bangkit lagi. Jika sebelumnya mereka berhibernasi di dalam es kutub, kini suhu sekitarnya memungkinkan mereka hidup lagi.

Lebih lanjut, bukti nyata ada di depan mata. Kata Prof Rosichon, para ilmuwan mikrobiologi yang di Rusia sudah menemukan hidupnya kembali beberapa virus yang memungkinkan untuk bisa menyerang manusia ketika iklim global tidak bisa dikendalikan.

"Nah, kalau itu hidup kembali kemudian berevolusi, dia beradaptasi, kemudian lari ke tropis ke Indonesia, ya akan menakutkan. Kalau yang disebut 'The Last of Us', yang terjadi di Jakarta ternyata itu adalah ophiocordyceps unilateralis. Itu (ophiocordyceps) memang dari negara tropis," jelasnya.

Terakhir, Prof Rosichon menekankan bahwa pemanasan global berperan besar pada keselamatan manusia dari ancaman makhluk lain yang hidup berdampingan dengan manusia. Jika 'The Last of Us' saja sudah cukup membuat kita takut, seharusnya kita bisa belajar untuk hidup damai dengan alam.

"Ini kita berbicara baru dalam konteks ophiocordyceps, tapi dalam hal yang lain, menakutkan. Saya sendiri takut. Maka dari itu, sebetulnya kalau terjadi pemanasan global beberapa mikroba yang tadinya tidur jutaan tahun bisa bangkit kembali," pungkasnya.






















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Awas! Ancaman Virus Purba dari Mencairnya Lapisan Es"