Hagia Sophia

02 February 2023

COVID-19 Varian Kranken Masuk Indonesia, Sandiaga Uno: Jangan Lengah Prokes

Sandiaga Uno imbau masyarakat agar tetap jaga prokes ketat. (Foto: Kemenparekraf)

COVID-19 Varian baru Kraken atau subvarian Omicron XBB.1.5 sudah terdeteksi di Indonesia. Kasus ini terdeteksi pada warga negara Polandia yang sempat melakukan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Mengingat varian ini disebut sangat menular daripada varian lainnya, bagaimana kesiapan RI?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno mengungkapkan saat ini sero survei penduduk Indonesia masih sangat baik akibat kontribusinya masyarakat dalam melakukan vaksinasi, baik dosis satu, dua, maupun booster.

Meskipun situasi COVID-19 di RI saat ini terkendali dan sero survei penduduk masih sangat tinggi, Sandiaga menyebut untuk jangan lengah dan tetap waspada. Pasalnya, peningkatan kasus kerap terjadi akibat varian-varian baru.

"Kita semakin optimis, tapi optimisme kita ini harus ada langkah-langkah untuk mengawal dengan percepatan vaksin booster kedua," ucapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2023).

"Jadi sero survei kita naik itu karena vaksin booster kemarin yang kita genjot akhir tahun, sehingga kita bisa mengakhiri PPKM," imbuhnya lagi.

Tak hanya itu, Sandiaga juga menyebut kemunculan varian-varian baru ini masih terus dipantau oleh pemerintah, meski saat ini PPKM sudah dicabut.

"Varian-varian baru ini akan terus diamati karena kita punya genom sequencing sangat banyak dan sangat maju. Pandemi ini mendorong inovasi sangat luar biasa," imbuhnya lagi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Varian Kraken Masuk RI, Sandiaga Uno Minta Warga Jangan Lengah Prokes COVID!"