Hagia Sophia

02 February 2023

Seperti Dialami Indra Bekti, Stroke Bisa Ganggu Fungsi Penglihatan

Indra Bekti alami gangguan penglihatan pasca terkena stroke. (Foto: dok. Instagram Indy Barends)

Kondisi kesehatan Indra Bekti beberapa waktu terakhir menjadi sorotan masyarakat. Sebelumnya diketahui presenter Indra Bekti sempat dilarikan ke rumah sakit akibat pembuluh darah pecah saat bekerja.

Berangsur pulih, Indra Bekti diketahui baru saja keluar dari rumah sakit. Namun ada beberapa masalah yang terjadi pada kesehatan Indra Bekti.

Diketahui kedua mata Indra Bekti mengalami buram ketika sedang melihat. Hal itu pun dibenarkan oleh manajer Indra Bekti, Roy Manella.

"Memang benar ada strokenya juga. Tapi strokenya larinya ke penglihatan," ucap Roy Manella, Selasa (31/1/2023).

Awalnya, warganet memang begitu menyoroti pandangan mata Indra Bekti yang nampak kosong. Namun Roy menjelaskan, jika pandangan mata Indra Bekti memang masih buram pasca keluar dari rumah sakit.

"Bukan karena matanya kosong. Itu karena memang belum ada yang bisa dilihat. Jarak pandangnya harus dari dekat itu pun masih agak blur," ungkap Roy Manella.

Walau begitu, kondisi penglihatan Indra Bekti pada saat ini terus berangsur membaik.

"Katanya dari sisi pandang kiri itu bisa melihat warna. Yang depan itu masih agak blur," ucap Roy Manella lagi.

Sebenarnya bagaimana sih penyakit stroke bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melihat?

Dikutip dari American Stroke Association, otak merupakan sebuah organ yang begitu kompleks yang dimiliki oleh manusia. Tak mengherankan, otak merupakan organ yang mengatur banyak sekali fungsi dalam tubuh.

Ketika mengalami stroke di bagian otak tertentu, hal itu dapat menyebabkan masalah penglihatan. Mulai dari masalah dalam membaca, memori visual yang lemah, hingga berkurangnya keseimbangan.

Penglihatan seorang manusia tidak hanya berkaitan dengan apa yang dilihat saja, namun melainkan bagaimana otak menerima warna, ukuran, hingga bentuk objek yang dilihat.

Penyakit stroke sangat mungkin menyebabkan kehilangan penglihatan. Lebih lanjut, 65 persen orang yang selamat dari penyakit stroke mengalami masalah penglihatan.

Mengapa perubahan penglihatan ini bisa terjadi pada orang-orang yang mengalami stroke?

Komplikasi penglihatan akibat penyakit stroke sangat bergantung pada bagian otak mana stroke itu terjadi. Area otak yang berguna sebagai fungsi penglihatan meliputi:

1. Lobus Oksipital
Beragam proses penglihatan pada mata manusia terjadi pada bagian ini di bagian belakang otak. Bagian ini merupakan pusat fungsi penglihatan utama pada otak, namun semua lobus otak juga mendapatkan informasi visual.

2. Batang Otak
Area yang berada di dasar otak ini berfungsi sebagai pengontrol gerakan mata. Hal-hal yang berhubungan dengan keseimbangan, stabilitas, dan kemampuan Anda untuk memahami objek ada di bagian ini.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dialami Indra Bekti, Ini Alasan Stroke Bisa Ganggu Penglihatan"