Hagia Sophia

23 December 2023

Beberapa Buah yang Bagus Dikonsumsi Penderita Diabetes

Ilustrasi buah-buahan. (Foto: istock)

Buah-buahan umumnya merupakan sumber nutrisi yang menyehatkan. Tapi bagi pengidap diabetes, tidak semua jenis buah-buahan aman untuk dikonsumsi.

Pasalnya, ada beberapa jenis buah-buahan yang justru bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Nah, cara terbaik memilih buah-buahan yang aman adalah dengan memilih buah untuk diabetes yang disarankan para ahli.

Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki buah-buahan yang aman untuk diabetes. Pertama, buah tersebut tentunya harus memiliki kadar gula yang rendah. Kedua, buah-buahan tersebut harus kaya akan serat. Sebab, serat dapat membantu mengendalikan kada gula darah dalam tubuh.

Perlu diingat, buah-buahan yang aman untuk diabetes juga sebaiknya memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah indikator seberapa cepat makanan berkarbohidrat dapat memengaruhi kenaikan gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi angkanya, maka semakin cepat pula makanan tersebut meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan memicu diabetes.

Buah untuk Diabetes yang Disarankan Para Ahli

1. Apel
Apel merupakan salah satu buah untuk diabetes yang disarankan para ahli. Dikutip dari Healthline, mengonsumsi apel setiap hari dapat menurunkan resistensi insulin, yakni kondisi ketika sel-sel tubuh tidak bisa menyerap gula darah akibat adanya gangguan dalam merespons hormon insulin.

Khasiat ini berkat kandungan polifenol yang ada di dalam buah apel. Senyawa ini dapat merangsang pankreas untuk melepaskan hormon insulin, sehingga sel-sel dalam tubuh dapat menyerap gula darah dengan lebih baik. Karenanya, buah apel cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

2. Pisang
Pengidap diabetes perlu memerhatikan asupan karbohidrat harian agar tidak memicu kenaikan gula darah. Nah, salah satu sumber karbohidrat yang aman untuk dikonsumsi adalah buah pisang.

Memang, buah pisang mengandung karbohidrat dan gula alami yang bisa memicu kenaikkan gula darah. Namun, buah pisang juga kaya akan serat yang dapat mengimbangi karbohidrat dan gula yang ada di dalamnya.

Menurut studi yang dipublilkasikan pada 2018, serat dapat membantu memperlambat proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat oleh tubuh. Hal inilah yang membuat makanan berserat, seperti buah pisang, bisa membantu mengontrol gula dalam darah.

3. Jeruk
Buah jeruk adalah salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah. Jeruk ini juga kaya akan serat dan potasium, sehingga menjadikannya buah untuk diabetes yang disarankan para ahli.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, serat dapat membantu mengontrol gula darah dengan cara memperlambat proses penyerapan karbohidrat pada sistem pencernaan. Sementara, potasium dapat merangsang produksi hormon insulin yang berperan dalam proses memecah kadar gula dalam darah.

4. Pir
Pir juga termasuk buah untuk diabetes yang disarankan para ahli. Sebab selain memiliki indeks glikemik yang rendah, buah pir juga kaya akan serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Beberapa studi juga menyebutkan kandungan anthocyanin yang ada dalam buah pir dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu, buah pir juga kaya akan vitamin C, K, serta potasium yang baik untuk pencernaan.

5. Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang bisa diolah menjadi berbagai camilan lezat untuk pengidap diabetes. Selain enak, buah ini juga mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu mengontrol gula darah.

Pertama, alpukat memiliki kandungan karbohidrat yang cukup rendah, sehingga tidak memicu kenaikan gula darah yang signifikan. Kedua, alpukat kaya akan serat yang bisa membantu memperlambat penyerapan karbohidrat oleh tubuh.

Sebuah studi juga menyebutkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin pada orang-orang yang mengalami resistensi hormon tersebut.

6. Pepaya
Pepaya termasuk buah untuk diabetes yang disarankan para ahli. Salah satu alasannya karena buah ini mengandung enzim papain yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Buah pepaya juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu memperlambat proses penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Namun, konsumsi buah ini perlu dibatasi lantaran kandungan gula alami yang ada di dalamnya.

7. Kiwi
Buah berbulu ini memiliki banyak manfaat bagi pengidap diabetes. Selain memiliki indeks glikemik yang rendah, buah kiwi juga mengandung vitamin C, potasium, dan serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Kiwi juga rendah karbohidrat, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet untuk menurunkan gula darah.

8. Buah Beri
Beri-berian, seperti blueberi, blackberi, stroberi, dan raspberi, merupakan buah untuk diabetes yang kerap disarankan para ahli. Bukan tanpa alasan, sebab buah beri mengandung beragam zat yang dapat membantu menurunkan gula darah.

Misalnya, polifenol yang dapat meningkatkan respons sel terhadap aktivitas insulin. Selain itu, buah beri juga kaya akan serat yang mampu memperlambat proses penyerapan karbohidrat, sehingga mencegah risiko kenaikan gula darah.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Buah untuk Diabetes yang Disarankan Para Ahli, Rendah Gula dan Kaya Serat"