Hagia Sophia

23 December 2023

Terong Sebabkan Asam Urat? Berikut Ini Faktanya

Buah terong. (Foto: Getty Images/iStockphoto/nuttakit)

Secara umum, sayuran adalah makanan yang memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Namun, ada beberapa sayuran yang konon dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Salah satunya adalah terong. Sayuran berwarna ungu ini adalah makanan yang kaya akan nutrisi, serat, dan vitamin yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh.

Kendati demikian, terong sering dianggap sebagai pemicu asam urat. Ini dikarenakan terong mengandung suatu senyawa yang diyakini dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh sehingga memicu kondisi tersebut. Tapi apakah benar demikian?

Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat?

Dikutip dari laman Medical News Today, terong merupakan bagian dari keluarga tanaman nightshade. Selain terong, tanaman nightshade lain yang sering dijumpai sehari-hari di antaranya tomat, paprika, cabe rawit, kentang, dan lain-lain.

Tanaman nightshade tersebut memiliki kandungan alkaloid bernama solanin. Solanin inilah yang diyakini banyak orang dapat memperparah nyeri dan peradangan sendi pada pengidap asam urat.

Kendati klaim tersebut, sampai saat ini sebenarnya masih belum ada penelitian medis yang benar-benar membuktikan terong bisa menyebabkan atau memperburuk gejala asam urat.

Jika pengidap asam urat curiga terong bisa memperparah kondisinya, ada percobaan sederhana yang bisa dilakukan untuk membuktikan klaim tersebut. Cobalah untuk melakukan diet rendah purin dan mengenyahkan terong dari menu sehari-hari selama beberapa minggu. Kemudian, tingkatkan konsumsi terong secara perlahan ke dalam pola makan yang sama. Jika merasa nyeri yang cukup signifikan, hentikan konsumsi terong dan segera berkonsultasi ke dokter.

Manfaat Terong untuk Kesehatan

Terlepas dari klaim tersebut, terong sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terong kaya akan serat, potasium, vitamin B1, B6, dan K yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, terong dan sejumlah tanaman nightshade lain memiliki alkaloid bernama anatabine yang disebut sebagai zat antiperadangan yang ampuh.

Berikut beragam manfaat mengonsumsi terong yang perlu diketahui:
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Membantu menjaga kadar gula darah
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol
  • Mencegah kanker



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apakah Terong Bisa Menyebabkan Asam Urat? Cek Faktanya di Sini"