Hagia Sophia

25 March 2024

Youtuber Vincent Raditya Idap Flu Singapura Hingga Dirawat di RS, Lebih Parah dari COVID?

Vincent Raditya sakit flu singapura. (Foto: Instagram @vincentraditya)

Youtuber sekaligus pilot Vincent Raditya mengabarkan kondisi kesehatannya baru-baru ini. Melalui akun Instagram-nya, ia mengaku mengidap Flu Singapura sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

"Baru kali ini ngalamin sakit yang lebih sengsara dari COVID. Saya kena COVID dua kali delta dan omicron. Tapi ini sih sengsara luar biasa," ucap Vincent dikutip dari akun Instagram-nya, Sabtu (23/3/2024).

Vincent Raditya menceritakan bahwa gejala awal yang ia rasakan adalah demam tinggi selama tiga hari. Ia juga mengaku merasakan lemas di tubuhnya dan mengalami sakit di bagian leher.

Setelah demam tinggi, ia menuturkan bentol-bentol kemudian muncul di seluruh bagian kepalanya.

"Saya merupakan salah satu penderita yang mendapatkan reaksi lebih banyak dari yang normalnya. Nantinya lemas, nggak nafsu makan, tangan kaki terasa seperti ada paku payungnya jadi menginjak juga sakit. Mulut menelan juga sakit, lidah pada sariawan, dan makan pun sulit," tandasnya.

Menyoal Flu Singapura

Terlepas dari kondisi yang dialami Vincent Raditya, sebenarnya apa sih itu penyakit Flu Singapura? Spesialis anak konsultan infeksi dan penyakit tropis Prof Dr dr Hindra Irawan Satari, SpA, M Trop Paed menuturkan bahwa Flu Singapura atau Hand Mouth Foot Disease (HMFD) sebenarnya lebih banyak dialami oleh anak-anak.

Namun, karena Flu Singapura sangat menular dan menginfeksi, penyakit ini juga bisa menjangkiti orang dewasa. Ia juga menuturkan bahwa sebenarnya penyakit ini juga belum memiliki obat.

"Kalau data di Indonesia yang menyebabkan Hand Mouth Foot Disease (HMFD) di Indonesia itu virus Coxsackie," ucap Prof Hindra ketika ditemui awak media.

Walaupun begitu, dokter yang juga Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) itu menuturkan bahwa lama perjalanan penyakit Flu Singapura hanya berjalan selama seminggu. Gejala yang dapat muncul meliputi demam, sulit makan, hingga muncul ruam seperti cacar air tergantung bagaimana tingkat keparahan yang dialami oleh pasien.

"Penularannya lewat ludah, lewat saluran pernapasan, jadi harus pakai masker, cuci tangan, jangan pakai tempat makan sama bareng-bareng untuk mengurangi risiko penularan," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menyoal Flu Singapura, Dialami Youtuber Vincent Raditya hingga Dirawat di RS"