Hagia Sophia

25 March 2024

Ini Alasan Kate Middleton Tak Umumkan Sakitnya

Kate Middleton (Foto: AP Photo/Kin Cheung)

Setelah banyak kabar simpang siur dan berbagai teori konspirasi tentang keberadaannya, Kate Middleton baru-baru ini muncul dan memberikan pernyataan. Dalam video yang diunggah di akun media sosialnya bersama Pangeran William, Kate menyatakan dirinya mengidap kanker.

Dirinya juga mengungkapkan alasan sempat memilih untuk tak menceritakannya kepada publik.

"Seperti yang bisa kalian bayangkan, ini membutuhkan waktu," tutur Kate, dikutip dari akun Instagram @princeandprincessofwales, Minggu (24/3/2024).

"Saya membutuhkan waktu untuk pulih dari operasi besar untuk memulai perawatan saya," lanjutnya.

Menurutnya, kabar ini adalah hal yang berat bagi keluarganya, termasuk ketiga anaknya. Lantaran hal tersebut, dia membutuhkan waktu sebelum memberikan penjelasan pada mereka, juga sebelum menjelaskannya pada publik.

"Namun, yang terpenting, kami membutuhkan waktu untuk menjelaskan semuanya kepada George, Charlotte, dan Louis, " pungkas Kate.

"Dengan cara yang sesuai bagi mereka, dan meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja," lanjutnya.

Selama menjalani perawatan, Kate berusaha menenangkan ketiga anaknya tentang kondisinya.

Ia juga mengungkap rasa syukurnya, karena keberadaan William telah menjadi kekuatan baginya di masa sulit ini.

"Seperti yang telah saya katakan kepada mereka, Saya baik-baik saja dan menjadi lebih kuat setiap hari dengan berfokus pada hal-hal yang akan membantu saya sembuh, dalam pikiran, tubuh, dan jiwa saya," kata Kate.

"Seperti cinta, dukungan dan kebaikan yang telah ditunjukkan oleh banyak dari Anda. Itu sangat berarti bagi kami berdua," imbuhnya lagi.

Sebelumnya Kate Middleton pada 17 Januari lalu dikabarkan telah menjalani operasi perut. Operasi itu dilakukan di The London Clinic. Dalam videonya, Kate mengungkap bahwa kondisi yang dialaminya pada saat itu dianggap tidak bersifat kanker. Operasi disebutnya berjalan sukses.

"Namun tes setelah operasi menemukan ada kanker," kata Kate.

Situasi ini mirip seperti Raja Charles III yang mendapati dirinya didiagnosis kanker ketika menjalani perawatan prostat. Setelah didiagnosis kanker, Kate mendapat saran dari tim medis untuk menjalani kemoterapi presentatif. Ia kini berada dalam tahap awal perawatan tersebut.

Konsultan hematologi dan onkologi medik dari RS Kanker Dharmais, dr Ronald A Hukom, SpPD, KHOM, mengatakan kemungkinan yang dimaksud Kate adalah kemoterapi adjuvant. Kemoterapi ini umum dilakukan setelah pengangkatan tumor ganas atau kanker.

"Bila stadium sudah cukup tinggi (misalnya tumor besar) atau jenis sel tumor dengan risiko kambuh yang besar, maka diberikan kemoterapi ajuvan untuk membersihkan sel tumor sisa yang tak terlihat atau mikrometastasis," jelas dr Ronald saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/3).


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terungkap Alasan Kate Middleton Sempat Tak Umumkan Sakit Kanker"