Hagia Sophia

25 March 2024

Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Kanan Bawah dan Cara Pengobatannya

Foto: thinkstock

Anda mengalami sakit perut sebelah kanan bawah? Sakit perut ini bisa jadi gejala ringan maupun berat. Gejala ringan ini seperti akibat kram menstruasi, atau berat akibat penyakit radang panggul.

Di bawah ini akan kita ulas 11 penyebab sakit perut sebelah kanan bawah, mulai dari penyebab pada wanita, pria, dan secara umum. Ketahui juga cara mengatasinya.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah pada Wanita

Dikutip dari Healthline, berikut ini kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kanan bawah pada wanita:

1. Dismenore
Dismenore atau kram menstruasi merupakan gejala yang bisa terjadi sebelum atau selama menstruasi. Kram sering dirasakan pada salah satu atau kedua sisi perut bagian bawah. Pada kondisi ini, rahim berkontraksi untuk membuang lapisannya.

2. Endometriosis
Endometriosis adalah kondisi jangka panjang (kronis) di mana sel-sel yang biasanya melapisi rahim, yang disebut sel endometrium, tumbuh di luar rahim. Jika Anda mengalami kram menstruasi yang sangat parah, ada kemungkinan terjadi endometriosis.

3. Penyakit Radang Panggul (PID)
Penyakit Radang Panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) adalah infeksi akibat bakteri, seperti gonore atau klamidia. Infeksi ini sering kali ditularkan saat berhubungan seks. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah.

4. Kista Ovarium
Ketika sakit perut sebelah kanan bawah, kemungkinan penyebab lainnya adalah kista ovarium. Kista adalah kantung berisi cairan yang ditemukan pada atau di dalam ovarium.

Kista terkadang tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi kista ovarium yang besar, terutama jika pecah, dapat menyebabkan gejala yang serius, bahkan mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

5. Torsio Ovarium
Torsio ovarium terjadi ketika ovarium atau kadang-kadang tuba falopi terpelintir, sehingga memotong suplai darah ke organ tersebut.

Kondisi ini dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah yang parah. Ini termasuk kondisi darurat medis, dan membutuhkan pembedahan untuk melepaskan ovarium.

6. Kehamilan Ektopik
Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tertanam di luar rahim.

Gejalanya adalah rasa sakit pada perut, bersama dengan gejala lainnya. Kehamilan ektopik juga dapat menyebabkan pecahnya tuba falopi yang merupakan keadaan darurat medis.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah pada Pria

Berikut ini kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kanan bawah pada pria:

1. Hernia Inguinalis
Hernia inguinalis terjadi saat lemak atau bagian dari usus halus terdorong melalui bagian perut bawah yang lemah. Ini adalah jenis hernia yang paling umum. Laki-laki lebih mungkin mengalami kondisi ini.

Selain sakit perut sebelah kanan bawah, mungkin juga terlihat tonjolan di daerah selangkangan di antara paha dan perut bagian bawah, atau di skrotum. Hernia ada yang ringan dan ada yang mengancam jiwa.

2. Torsio Testis
Torsio testis adalah ketika testis terpelintir di sekitar korda spermatika, yang merupakan sekumpulan jaringan yang membentang di dalam perut dan terhubung ke testis.

Puntiran tersebut dapat memutus aliran darah, sehingga menyebabkan nyeri dan pembengkakan yang tiba-tiba dan parah pada skrotum, hingga menjalar ke perut bagian bawah. Penanganannya membutuhkan pembedahan darurat.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah pada Pria dan Wanita

Berikut ini kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kanan bawah secara umum, baik pada pria maupun wanita:

1. Radang Usus Buntu
Dilansir dari Yayasan Gastroenterologi Indonesia, radang usus buntu juga disebut sebagai apendisitis, yaitu kondisi medis yang terjadi ketika bagian usus buntu mengalami peradangan.

Karena usus buntu berlokasi di perut bagian sebelah kanan bawah, maka bagian tersebut juga akan terasa sakit. Rasa sakit ini bisa hilang dan timbul.

Umumnya, sakit diawali di sekitar pusar, lalu berpindah ke bagian perut sebelah kanan bawah dan rasa sakitnya bisa semakin hebat.

2. Infeksi Ginjal
Dilansir dari situs Puskesmas Bantar Tasikmalaya, infeksi ginjal biasanya diakibatkan oleh infeksi bakteri.

Selain bergejala nyeri pada perut di bagian kanan, sakit ini juga menyebabkan gejala lain, seperti mual, muntah, peningkatan frekuensi buang air kecil, hingga urine berdarah.

3. Gangguan Pencernaan
Kemungkinan lain adalah adanya gangguan pencernaan atau dispepsia. Gangguan ini menyebabkan sakit perut pada bagian atas hingga bagian bawah perut. Rasa nyeri yang dirasakan bisa jadi cukup tajam atau nyeri tumpul.

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Cara mengatasi sakit perut sebelah kanan bawah akan berbeda-beda tergantung penyebabnya.

Dikutip dari Medical News Today, gejala ringan mungkin bisa ditangani di rumah, sedangkan sakit yang parah terkadang menjadi kondisi darurat yang harus ditangani di rumah sakit.

Perawatan di Rumah

Jika gejala sakit perut sebelah kanan bawah tidak terlalu parah, maka bisa melakukan pengobatan di rumah, yaitu dengan mengkonsumsi obat resep atau obat di apotek, serta beristirahat yang cukup.

Gangguan pencernaan biasanya dapat sembuh tanpa memerlukan pengobatan. Sementara sakit perut yang lebih parah, obat pereda nyeri dan pengobatan rumahan mungkin tidak cukup untuk menangani gejalanya.

Kapan Menjadi Kondisi Darurat?

Sakit perut ini jika terasa semakin parah dan terus menerus, seseorang mungkin memerlukan bantuan medis. Segera datang ke dokter untuk berkonsultasi.

Misalnya sakit karena infeksi ginjal akan memerlukan antibiotik untuk membunuh bakterinya. Pembedahan mungkin diperlukan pada sakit akibat radang usus buntu.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah dan Cara Mengatasinya"