Hagia Sophia

25 March 2024

Konsumsi Alkohol Bisa Akibatkan Glaukoma? Ini Penjelasan Dokter Mata

Foto: thinkstock

Glaukoma adalah kondisi mata yang disebabkan oleh tekanan tinggi di dalam mata yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada saraf mata. Kondisi ini mengakibatkan gangguan penglihatan, bahkan kebutaan total.

Menurut spesialis mata dr Widya Artini Wiyogo, SpM, faktor risiko utama glaukoma adalah tekanan bola mata yang tinggi. Meskipun demikian, sebagian besar kasus glaukoma tidak menunjukkan gejala, dengan angka mencapai 80 persen.

Sempat ramai di media sosial yang menyebut mengonsumsi alkohol bisa memicu glaukoma. dr Widya mengatakan hubungan antara alkohol dan glaukoma pernah diteliti namun kaitannya kurang signifikan.

"Itu yang menjadi masalah ketika alkohol suka dicampur-campur. Kalau dicampur-campur mungkin bisa rusak saraf bola matanya," kata dr Widya dalam temu media di Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Untuk lebih memastikan, jika mengalami tanda-tanda yang mengarah ke glaukoma, perlu diperiksakan lebih lanjut kepada dokter.

Adapun gejala yang perlu diwaspadai pada pasien glaukoma, diantaranya sakit kepala hebat, pandangan tiba-tiba kabur, mual, muntah, dan kesakitan hebat. Untuk pasien dengan glaukoma akut memiliki waktu 2 × 24 jam untuk menurunkan tekanan bola mata untuk menghindari kerusakan permanen.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Konsumsi Alkohol Berlebihan Picu Glaukoma? Dokter Mata Bilang Gini"