Hagia Sophia

09 April 2024

Ini yang Akan Terjadi Saat Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Tiap Hari

Ilustrasi jalan kaki. (Foto: Dikhy Sasra)

Jalan kaki 10 ribu langkah per hari sama seperti berjalan kaki sekitar 5 mil. Kebiasaan ini menjadi tolak ukur sejumlah orang untuk memastikan aktivitas gerak fisiknya dalam sehari minimal sudah terpenuhi.

Sejumlah riset sudah menunjukkan khasiat yang didapat dari rutin membiasakan berjalan kaki 10 ribu langkah per hari. Berikut manfaatnya, dikutip dari Eating Well:

Peningkatan Mood dan Fungsi Otak

Secara umum aktivitas fisik memicu pelepasan endorfin, zat kimia yang membuat seseorang merasa nyaman sekaligus meningkatkan suasana hati juga mengurangi stres dan kecemasan. Sebagai manfaat tambahan, berjalan 10.000 langkah di alam terbuka dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan mental dan meringankan gejala depresi serta kecemasan, menurut meta-analisis 2022 yang terbit dalam Journal of Clinical Medicine.

Selain itu, penelitian di 2023 dalam Journal of Alzheimer's Disease Reports menunjukkan jalan kaki secara teratur dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori.

"Berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari akan membantu Anda merasa lebih fokus, tajam, dan bahagia, sehingga mengurangi perasaan ketegangan fisik, memberikan manfaat mental dan fisik," kata Rachel MacPherson, CPT, pelatih pribadi bersertifikat American Council on Latihan di Garage Gym Ulasan.

Mobilitas Lebih Baik

Jalan kaki dapat memberikan dampak positif pada kesehatan sendi seseorang. Saat melakukannya, tubuh melepaskan cairan sinovial, yang bertindak seperti oli mesin untuk melumasi sendi dan menjaganya tetap bergerak dengan lancar, menurut penelitian 2019 yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences.

Selain itu, sebuah studi 2021 menemukan rutinitas jalan kaki yang teratur membantu meningkatkan kinerja fisik dan mengurangi nyeri sendi lutut pada penderita arthritis. Jika pernah mengalami nyeri sendi, melakukan olahraga berdampak rendah secara teratur seperti berjalan kaki dapat membantu meredakan nyeri dan mencegah masalah terkait sendi dalam jangka panjang.

"Berjalan adalah gerakan alami manusia yang meningkatkan kesehatan sendi tanpa dampak dari latihan intensitas tinggi seperti lari, yang dapat memperburuk masalah sendi yang mungkin Anda alami," kata MacPherson.

"Ini membantu meningkatkan sirkulasi dan cairan sendi, menjaga jaringan tetap sehat dan bergerak dengan baik." Jadi, meskipun tergoda untuk melewatkan olahraga jika persendian pegal, jalan kaki memang bisa bermanfaat.

"Jika Anda kurang bergerak, otot, tendon, dan ligamen Anda bisa menjadi lemah atau tegang di area tertentu, terutama jika Anda banyak duduk," tambahnya.

Pangkas BB

Meskipun jalan cepat mungkin tidak sekuat olahraga intensitas tinggi seperti berlari atau berputar, ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pengeluaran kalori dan mendukung penurunan berat badan yang disengaja, serta upaya lain yang diawasi oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Menurut studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, berjalan 10.000 langkah sehari dikaitkan dengan penurunan berat badan dan pengelolaan berat badan. Selain itu, ini adalah latihan berdampak rendah sehingga dapat diakses oleh semua tingkat kebugaran. Hal itu meningkatkan detak jantung dan mengaktifkan otot-otot seperti paha depan, glutes, betis dan paha belakang, membantu membakar kalori dan memperkuat tubuh bagian bawah.

"Jika Anda menambahkan jalan kaki ke dalam keseharian Anda, Anda mungkin mendapati bahwa menjaga berat badan yang sehat atau menurunkan berat badan terjadi secara alami tanpa Anda sadari," kata MacPherson.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 di Sports Medicine menemukan bahwa melakukan pemulihan aktif, atau pendinginan, seperti berjalan santai setelah olahraga intens atau latihan kekuatan dapat mendukung pemulihan dan meningkatkan aliran darah ke otot, membantu mencegah kekakuan otot dan memungkinkan tubuh untuk melakukan pemulihan.

"Pemulihan aktif adalah latihan yang lebih santai yang mencakup gerakan yang tidak cukup berat untuk menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada otot Anda dan tidak memerlukan banyak tenaga atau kebutuhan nutrisi untuk melakukannya," kata MacPherson.

"Berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari dapat meningkatkan pemulihan Anda sehingga kecil kemungkinan Anda mengalami nyeri otot, dan kinerja Anda akan lebih baik pada latihan berikutnya. Pemulihan aktif membantu meningkatkan proses pemulihan secara keseluruhan dengan menstimulasi aliran darah yang membawa nutrisi ke jaringan yang membutuhkannya. paling."


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Riset Ungkap 4 Hal yang Bakal Terjadi saat Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Tiap Hari"