Hagia Sophia

09 April 2024

Ini yang Harus Dilakukan Begitu Sampai di Tujuan Mudik

Suasana arus mudik (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Mudik adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang karena mudik merupakan kesempatan untuk berkunjung ke kampung halaman. Waktu yang dihabiskan untuk melakukan perjalanan mudik tentunya tidak sebentar dan cukup menghabiskan energi terutama bagi pengemudi. Saat tiba di kampung halaman seringkali kita lupa untuk beristirahat terlebih dikarenakan banyaknya kegiatan seperti jalan-jalan, bersilaturahmi, dan lain-lain.

Melewatkan waktu istirahat demi mengejar waktu untuk berkegiatan saat mudik sebaiknya dihindari. Menurut dr Paulina Thiomas Ulita, SpS, praktisi kesehatan tidur Mayapada Hospital Tangerang, sebenarnya tidak ada cara lain untuk dapat mengembalikan energi yang habis saat melakukan perjalanan jauh kecuali tidur.

"Tidur itu memang natural, manusia membutuhkan tidur. Kalau tidur nya di skip, tubuhnya yang akan mengalami gangguan," imbaunya dalam wawancara dengan detikcom baru-baru ini.

Selain itu, dr Paulina juga memberikan tips terkait apa yang sebaiknya dilakukan saat tiba di kampung halaman. Ia menyarankan untuk tidak langsung beraktivitas yang melelahkan.

"Jadi kalau pas sampai di tempat perjalanan ya sebaiknya memang makan dulu yang cukup, bersih-bersih, kemudian sebisa mungkin tidur dulu supaya saat bangun tidur sudah lebih segar untuk melakukan aktivitas," jelasnya.

Ia menjelaskan meskipun jadwal kita padat saat ke kampung halaman, sebaiknya tidur terlebih dahulu karena tidur merupakan sumber kekuatan manusia sebelum melakukan aktivitas lainnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Baru Saja Sampai di Tujuan Mudik? Saran Dokter, Segera Lakukan Ini"