Hagia Sophia

18 April 2024

Ini yang Membuat Teh Hijau Bisa Turunkan BB

Ilustrasi teh hijau Foto: Getty Images/iStockphoto/KMNPhoto

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan lantaran mengandung kaya nutrisi dan antioksidan. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, teh hijau juga kerap dianggap bisa membantu menurunkan berat badan. 

Apa alasannya?

1. Mengandung Zat yang Dapat Membantu Menghilangkan Lemak
Dikutip dari Healthline, salah satu senyawa yang terdapat di dalam kandungan teh hijau adalah kafein. Meski secangkir teh hijau mengandung lebih sedikit kafein, sekitar 24-40 mg, dibandingkan secangkir kopi 100-200 mg, namun kandungan kafeinnya masih cukup untuk memberikan efek ringan.

Kafein adalah stimulan terkenal yang terbukti membantu pembakaran lemak dan meningkatkan kinerja olahraga dalam banyak penelitian. Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung antioksidan yang disebut katekin dan epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Bantu Mobilisasi Lemak dari Sel Lemak
Untuk membakar lemak, tubuh biasanya harus terlebih dahulu memecahnya menjadi sel lemak dan memindahkannya ke aliran darah. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam teh hijau dapat membantu proses ini dengan meningkatkan efek beberapa hormon pembakar lemak, seperti norepinefrin (noradrenalin).

Antioksidan utama dalam teh, EGCG, dapat membantu menghambat enzim yang memecah hormon norepinefrin. Ketika enzim ini dihambat, jumlah norepinefrin meningkat, sehingga mendorong pemecahan lemak.

Faktanya, kafein dan EGCG, kandungan yang ditemukan secara alami dalam teh hijau mungkin memiliki efek sinergis. Pada akhirnya, sel lemak dapat memecah lebih banyak lemak, yang dilepaskan ke aliran darah untuk digunakan sebagai energi oleh sel-sel seperti sel otot.

3. Meningkatkan Pembakaran Lemak, Terutama saat Berolahraga
Ekstrak teh hijau telah berulang kali dikaitkan dengan peningkatan pembakaran lemak, terutama saat berolahraga.

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi ekstrak teh hijau sebelum berolahraga dapat membakar 17 persen lebih banyak lemak dibandingkan pria yang tidak mengonsumsinya. Studi tersebut menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan efek pembakaran lemak dari olahraga.

Selain itu, sebuah penelitian selama delapan minggu menemukan bahwa kandungan katekin teh hijau meningkatkan pembakaran lemak, baik saat berolahraga maupun istirahat.

Beberapa penelitian lain mengkonfirmasi temuan ini, menunjukkan bahwa EGCG meningkatkan pembakaran lemak, yang dapat menyebabkan berkurangnya lemak tubuh dalam jangka panjang.











 














Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata Ini Alasan Teh Hijau Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran"