Hagia Sophia

18 April 2024

Beberapa Makanan Ini Konon Bisa Bikin Awet Muda dan Panjang Umur

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Setiap orang pasti menginginkan penampilan yang awet muda dan berumur panjang. Salah satu cara untuk mendapatkan semua ini adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Gaya hidup yang sehat termasuk mengkonsumsi makanan sehat yang memang terbukti berkontribusi pada umur panjang. Bahkan, dengan kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya, bisa memberikan manfaat lain seperti memperlambat penuaan.

Dikutip dari laman Eat This Not That, berikut daftar makanan yang bisa memperpanjang umur dan memperlambat penuaan yang wajib dicoba.

1. Mangga
Tak hanya enak, ternyata buah mangga bisa bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan dan bermanfaat untuk umur panjang. Ahli gizi Lauren Manaker, MS, RDN, mengatakan ini karena peran penting dari vitamin-vitamin yang terkandung di dalam buah mangga.

"Buah-buahan yang lezat ini kaya akan vitamin A dan C, yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit," ungkap Manaker.

"Dan tingginya antioksidan yang ditemukan dalam mangga, seperti mangiferin, quercetin, dan asam galat, berkontribusi untuk melawan stres oksidatif dan peradangan. Itu dua faktor penting yang terkait dengan penuaan dan penyakit kronis," jelasnya.

Selain itu, Manaker mengungkapkan mangga juga mendukung kesehatan pencernaan dan membantu menjaga kesehatan mikroba usus. Itu merupakan komponen penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan umur panjang.

2. Buah bit
Manaker mengatakan buah bit merupakan makanan yang bisa menunjang umur panjang. Makanan satu ini adalah gudang nutrisi, termasuk serat, folat (vitamin B9), mangan, potasium, zat besi, hingga vitamin C.

"Bit dan jusnya dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kinerja olahraga, berkat kandungan nitratnya yang tinggi," jelas Manaker.

"Senyawa ini diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh, meningkatkan pelebaran pembuluh darah, dan mengarah pada sirkulasi yang lebih baik dan pengiriman oksigen ke seluruh tubuh."

Selain itu, pigmen warna yang ada di dalam bit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti oksidan yang kuat. Itu juga memberikan perlindungan dari stres oksidatif dan penyakit kronis.

3. Brokoli
Ternyata brokoli termasuk salah satu sayuran yang berkontribusi dalam memperpanjang umur. Manaker mengatakan nutrisi yang ada di dalam brokoli, seperti serat, vitamin C, zat besi, dan sejumlah antioksidan lain terbukti menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

"Salah satu komponen utamanya, sulforaphane, sangat penting karena potensinya untuk meningkatkan proses detoksifikasi tubuh dan melindungi dari kerusakan sel," imbuhnya.

4. Jamur
Jamur seperti shiitake, reishi, dan maitake, terkenal karena manfaatnya dalam mendukung kekebalan tubuh. Manaker mengatakan jamur-jamur tersebut tinggi akan kandungan beta-glukan atau gula kompleks yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, jamur mampu membantu mendukung kesehatan usus karena mengandung polisakarida, yaitu serat prebiotik dan memungkinkan bakteri baik (probiotik) berkembang. Mikrobioma yang sehat dapat mempengaruhi banyak hal, mulai dari suasana hati, autoimunitas, hingga obesitas.

5. Blueberry
Buah satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah penuaan. Manaker mengungkapkan blueberry kaya akan antioksidan, terutama antosianin, yang berkontribusi untuk umur panjang.

"Senyawa kuat ini memerangi stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang terkait dengan penyakit kronis dan penuaan," tuturnya.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Gerontology, menemukan bahwa konsumsi blueberry bisa membantu mengurangi risiko gangguan neurologis terkait usia. Misalnya seperti alzheimer, demensia, dan penyakit parkinson.

6. Alpukat
Alpukat merupakan makanan super yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Buah ini dapat membantu menjaga anti penuaan yang sehat dan umur panjang.

Alpukat kaya akan serat, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, hingga meningkatkan kesehatan usus. Penelitian juga mengungkapkan bahwa alpukat mampu membantu mengurangi kolesterol LDL yang secara langsung bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Bayam
Sayuran berdaun hijau secara umum dikaitkan dengan manfaatnya untuk memperlambat penurunan kognitif. Ini karena nutrisi dan senyawa bioaktif yang ada di dalamnya, seperti lutein, beta-karoten, nitrat, folat.

Bayam sendiri terbukti membantu menurunkan tekanan darah karena kadar potasiumnya yang lebih tinggi.

Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa makan bayam setiap hari bisa membantu meningkatkan kadar lutein. Itu secara langsung bisa membantu mengurangi risiko degenerasi makula atau kondisi mata yang berkaitan dengan usia.

8. Kale
Kale juga termasuk dalam sayuran berdaun hijau yang sangat baik membantu penuaan yang sehat. Seperti halnya bayam, kale ini membantu mengurangi dan memperlambat penurunan kognitif terkait usia karena kandungan nutrisinya yang kuat.

9. Stroberi
Buah yang banyak disukai orang ini ternyata sangat baik untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Nutrition, stroberi dapat mengatasi penurunan kognitif terkait usia, seperti memori.

10. Kubis ungu/merah
Ahli gizi Tammy Lakatos Shames mengatakan kubis merah atau ungu merupakan salah satu sayuran terbaik untuk umur panjang. Ini termasuk dalam keluarga cruciferous, yang merupakan sumber antioksidan dan mengandung sulfur yang disebut glukosinolat.

Menurut penelitian, antosianin senyawa kuat lainnya yang ada di dalam kubis bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, radang sendi, hingga penyakit neurodegeneratif.











 














Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wajib Coba! Ini 10 Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur dan Awet Muda"