Hagia Sophia

18 April 2024

Lebaran Usai, Dokter: Sebaiknya Hindari Makanan Ini Dahulu

Foto: Ilustrasi makanan khas lebaran. (Freepik)

Setelah kalap makan selama Lebaran, tubuh harus 'back on track' dengan menjaga asupan yang masuk ke tubuh. Jika sepekan terakhir terlalu banyak makan makanan bersantan, ada baiknya untuk sementara menghindarinya agar tidak kolesterol.

"Harus sudah kita kembalikan seperti biasa, bahwa makan seperti biasa tidak lagi makan kue kering, kemudian makan daging satu atau kambing. Ganti ke variasi ikan," ujar spesialis gizi klinik dr A Yasmin Syauki, MSc, SpGK(K) kepada ANTARA dikutip Selasa (16/4/2024).

dr Yasmin menyarankan untuk tidak lagi makan daging atau gorengan. Hindari juga makan kue kering yang kemungkinan sudah banyak dikonsumsi saat Lebaran.

Setelah Lebaran, pola makan sehat yang dianjurkan yakni mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat, lemak, protein dan zat gizi mikro lain yang penting untuk tubuh. Dokter dari Universitas Hasanuddin ini juga mengancurkan makanan bergizi lengkap selama makan tiga kali sehari.

Selain demi hidup sehat, pola makan gizi seimbang juga menurunkan risiko terkena penyakit seperti kolesterol dan diabetes. Juga bisa menurunkan berat badan yang mungkin sempat naik selama puasa dan Lebaran.

"Ikan goreng, ayam goreng apalagi ayam goreng tepung itu, harus dihindari sehingga berat badan kembali jadi ideal," tandas dr Yasmin.











 














Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Stop! Lebaran Usai, Dokter Gizi Sarankan Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Dulu"