Hagia Sophia

19 September 2023

Masih Tentang Kanker Tulang, Mungkinkah Karena Jatuh dari Motor?

Viral kanker tulang, bisakah dipicu jatuh dari motor? (Foto: TikTok/@hanihanaff)

Seorang wanita di Bandung menceritakan kisahnya yang mengalami kanker tulang atau osteosarkoma hingga harus operasi. Kondisinya itu membuat tulang di lengan kanannya patah dan harus diganti dengan prostetis.

"Jadi dari satu tahun itu saya berjuang buat ngelawan rasa pegal-pegal yang nggak normal ini. Saya pakai koyo hampir setiap hari, terus saya juga sempat diurut tuh karena memang sakit," ucap Hani Hanafiah saat dihubungi detikcom, Minggu (17/9/2023).

Ibu satu anak ini sempat menduga kanker tulang yang dialaminya dipicu dari riwayat jatuh dari motor pada tahun 2014. Dokter sempat mengatakan kondisinya diperparah karena Hani sempat diurut.

Bisakah kanker tulang dipicu trauma jatuh dari motor?

Spesialis ortopedi dan traumatologi serta konsultan onkologi ortopedi dr Yogi Prabowo, SpOT(K)Onk dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), osteosarkoma adalah kanker tulang adalah tumor ganas pada tulang. Kondisi ini terutama menyerang anak-anak dan remaja yang perkembangan tulangnya belum maksimal.

Osteosarkoma sendiri merupakan jenis tumor tulang yang sifatnya ganas dan pertumbuhannya cepat. Namun kanker ini tidak dipicu trauma seperti jatuh dari motor terlebih jika kasusnya sudah terjadi beberapa tahun lalu.

"Bukan trauma menyebabkan osteosarkoma, tapi bisa mempercepat pertumbuhan. Kalau ada trauma, ada radang, itulah yang akan mempercepat pertumbuhan tumornya. jadi bukan berarti penyebabnya trauma atau jatuh," kata dr Yogi saat dijumpai detikcom di RSCM, Senin (18/9).

"Bisa jadi sudah ada tapi tidak sadar, itu kalau jatuhnya baru. Tapi kalau sudah bertahun-tahun yang lalu saya kira nggak ada hubungannya," sambungnya.

Karena pertumbuhan tumor osteosarkoma termasuk ganas, pembentukannya bisa cepat dan tidak sampai bertahun-tahun. Begitu terkena kanker tulang, pasien merasakan nyeri hebat bahkan patah tulang.

Kondisi ini menyebabkan pasien tidak bisa berjalan dan beraktivitas. Selanjutnya, rasa nyeri itu berkembang menjadi benjolan dalam hitungan bulan.

"Kalau tulang sehat, jatuh biasa aja nggak patah. Kalau nggak sehat, kita kepeleset sedikit aja bisa patah. Nah itu namanya fractured patologis, patah nggak sehat karena ada tumornya," papar dr Yogi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Bandung Kena Kanker Tulang, Mungkinkah gegara Jatuh dari Motor?"