Hagia Sophia

19 September 2023

Sakit Lambung Akibat Lupa Makan Membuat Inul Pernah Muntah Darah

Inul Daratista. (Foto: Ahsan/detikhot)

Perjuangan penyanyi Inul Daratista sebelum sukses berkarier di dunia hiburan, tidaklah mudah. Belakangan, dalam postingan terbarunya di Instagram, ia menceritakan kilas balik jatuh bangun dirinya dan suami merintis karier dari nol.

Istri dari Adam Suseno atau pria yang akrab disapa Mas Adam itu bahkan sempat mengalami muntah darah.

"Pernah muntah darah karena lupa makan sampai sakit lambung," kenang Inul, dalam postingan yang diunggah Sabtu (18/9/2023).

Kok Bisa Sakit Lambung Picu Muntah Darah?

dr Aru Ariadno, SpPD KGEH menjelaskan penyakit lambung memiliki beragam tahap, dari ringan seperti gastritis fungsional hingga berat yakni ruptur atau adanya robekan di lambung. Penyakit lambung yang dipicu asam lambung bisa menjadi hiperemis.

Kondisi ini membuat dinding lambung terkadang berdarah dan menimbulkan muntah darah, dengan atau tanpa adanya luka ulkus.

"Ulkus gaster adalah kondisi saat terjadi perlukaan di dinding lambung," jelas dia saat dihubungi detikcom Senin (19/8/2023).

Namun, muntah darah tidak hanya dipicu luka pada lambung, dapat pula terjadi di esofagus seperti pecahnya pembuluh darah esofagus. dr Aru menyarankan agar pasien melakukan pemeriksaan CT scan abdomen hingga endoskopi EGD untuk melihat gambar pencernaan bagian atas terlebih dahulu.

Bila terbukti disebabkan asam lambung saat perut kosong, atau terlambat makan, yang terjadi adalah dinding lambung memang mengalami iritasi.

"Selain makan, asam lambung yang keluar ini dipicu oleh banyak sebab seperti stres, makanan yang asam, kopi," tutur dr Aru.

"Jadi selain obat-obatan diperlukan perbaikan pola hidup yang sehat untuk mencegah terjadinya ulkus pada lambung," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Inul Sempat Muntah Darah Imbas Sakit Lambung gegara Lupa Makan"