Hagia Sophia

19 September 2023

Beberapa Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh

Daun bidara. Foto: iStock

Daun bidara atau Zizyphus mauritania adalah salah satu tanaman herbal dengan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini berasal dari wilayah Asia Tengah yang menyebar luas ke berbagai tempat.

Daun bidara berukuran kecil dengan buah berbentuk bulat kecil berwarna hijau. Karena kaya manfaat, tanaman ini sering digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional. Lantas, apa saja manfaat daun bidara?

Kandungan Daun Bidara

Manfaat yang diberikan daun bidara tidak terlepas dari berbagai kandungan dan senyawa aktif di dalamnya. Berikut ini kandungan dalam daun bidara:
  • Vitamin A.
  • Flavonoid.
  • Tanin.
  • Saponin.
  • Karbohidrat.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Jujubosid B.
  • Jujubogenin glikosida.
  • Jujubasaponin IV.
  • Flavonol glikosida.
  • Rutin.
  • Diglucosylphloretin.
Daun bidara juga memiliki sejumlah senyawa aktif, antara lain:
  • Ceryl alcohol.
  • Polifenol.
  • Tanin.
  • Terpenoid dan alkaloid protopine.
  • Berberine.
  • Flavonoid seperti quercetin dan kaempferol.
  • Sterol, yaitu sitosterol, stigmasterol, lanosterol, diosgenin.

Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini manfaat daun bidara yang berguna bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat daun bidara yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat daun bidara diketahui mampu membantu menurunkan kadar LDL kolesterol jahat. Untuk mengonsumsinya cukup dengan meminum air rebusan daun bidara.

2. Meningkatkan Nafsu Makan
Inti Aisyah dalam bukunya berjudul Rempah-Rempah mengemukakan, daun bidara bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Daun bidara mengandung senyawa dan aroma menyegarkan yang dapat meningkatkan nafsu makan. Untuk mendapatkan manfaat ini, biasanya daun bidara diolah menjadi kapsul atau teh sehingga memudahkannya untuk dikonsumsi.

3. Membantu Meredakan Masalah Pencernaan
Ekstrak daun bidara memiliki sifat antispasmodik sehingga dapat membantu meredakan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung dan diare. Kamu juga dapat mengonsumsinya secara rutin untuk meningkatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

4. Membantu Mengatasi Flu
Daun bidara mengandung antibakteri aktif yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, salah satunya flu.

5. Mencegah Diabetes
Daun bidara bersifat antidiabetes lantaran senyawa-senyawa di dalamnya mampu mengatur kadar gula darah sekaligus meningkatkan sensivitas insulin.

Bagi kamu yang ingin mengonsumsi daun bidara untuk mencegah diabetes, cukup rebus daun ini lalu minum air rebusan tersebut. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan rutin dan teratur.

6. Melembabkan Kulit Kering
Daun bidara dapat membantu melembabkan serta menyehatkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, tumbuk daun bidara sampai halus lalu tambahkan sedikit air sampai adonan menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pasta tersebut secara merata pada kulit wajah, tangan, maupun kaki. Kamu juga bisa mengganti air dengan perasan jeruk lemon untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi
Mengutip dari situs Fakultas pertanian, Universitas Sumatera Utara, daun bidara mengandung kalsium dan fosfor yang berguna meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

8. Membantu Mengobati Sariawan
Sifat antiinflamasi dan antimikroba pada daun bidara diketahui mampu mengobati sariawan. Cara mengonsumsinya yakni dengan mengunyah langsung daun bidara segar atau menggunakan air rebusannya untuk berkumur.

9. Meringankan Luka Bakar
Sifat antiinflamasi yang terdapat pada daun bidara dapat membantu meringankan luka bakar ringan. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan sari daun bidara yang telah dihancurkan pada luka bakar.

10. Meredakan Jerawat
Daun bidara berguna untuk meredakan jerawat lantaran dapat membersihkan kulit dan menjaga kesehatannya dengan baik. Cara menggunakannya, yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun sampai halus lalu tambahkan sedikit air sampai tekstur mengental kemudian oleskan pada area wajah yang berjerawat.

11. Sebagai Analgesik/Pereda Nyeri
Kandungan flavonoid dan saponin dalam daun bidara dapat digunakan sebagai analgesik karena dapat meredakan rasa nyeri sekaligus melemaskan otot.

12. Membantu Mengatasi Insomnia
Kandungan saponin dalam daun bidara memberikan efek yang menenangkan sehingga daun ini bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Caranya menggunakannya, yaitu kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh.

13. Mencegah Depresi
Menurut sebuah jurnal berjudul Berbagai Manfaat Daun Bidara (Ziziphus maurutiana Lamk) Bagi Kesehatan di Indonesia, daun bidara mengandung zat alkanoid dan flavonoid yang berfungsi sebagai antidepresan. Kedua zat tersebut dapat menstimulasi susuan saraf pusat yang mampu menghambat terjadinya depresi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Mencegah Diabetes"