Hagia Sophia

19 September 2023

Kasus Obesitas Ekstrem Kembali Muncul di Jaksel, Ini Kata Wamenkes

Wakil Menteri Kesehatan RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono (Foto: Suci Risanti Rahmadania/detikHealth)

Belum lama ini, kasus obesitas ekstrem 200 kg ditemukan lagi. Pasien dilaporkan terjatuh di kamar mandi hingga dievakuasi oleh Tim Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI atau Damkar.

Kejadian ini terjadi di Jalan Pancoran Barat VII RT 15/RW 01, Kel Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (12/9). Menurut informasi, korban tak bisa bangun setelah terpeleset jatuh di kamar mandi.

"Kemudian, pihak keluarga yang mengetahui kondisi tersebut segera menghubungi Satgas Kelurahan Pancoran untuk meminta pertolongan," dikutip dari akun Instagram @humasjakfire, Rabu (13/9).

Wakil Menteri Kesehatan RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, mengatakan kasus-kasus obesitas ekstrem yang terjadi di Indonesia, seperti kasus di Pancoran Barat kemungkinan disebabkan oleh faktor familial obesity.

Dikutip dari National Library of Medicine, faktor familial obesity mencakup bagaimana terjadinya kelainan tertentu pada anggota keluarga yang memiliki hubungan darah, mempengaruhi pasien terhadap kelainan yang sama atau serupa. Jumlah anggota keluarga yang terkena dampak dapat menunjukkan seberapa besar risiko individu tertentu untuk mengalami kelainan dalam keluarga.

"Yang obesitas ekstrem seperti kemarin itu, itu disebabkan karena faktor familial obesity," ucapnya saat ditemui di Jakarta Timur, Senin (18/9/2023).

Lebih lanjut, Wamenkes juga mengatakan saat ini kasus obesitas di seluruh Indonesia meningkat. Bahkan, menurutnya sepertiga penduduk masyarakat Indonesia mengalami obesitas.

"Kasusnya memang kita tangani obesitas ini, obesitas ini adalah familial obesity," ucapnya lagi.

"Kita tidak hanya mengatasi masalah gizi, tetapi juga kelebihan gizi," sambungnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Obesitas Ekstrem 200 Kg Muncul Lagi di Jaksel, Wamenkes Singgung Faktor Genetik"