Hagia Sophia

19 September 2023

Ini yang Membuat Sakit Lambung Bisa Berakibat Muntah Darah

Inul Daratista. (Foto: Ahsan/detikHOT)

Baru-baru ini, pedangdut Inul Daratista membagikan kisah perjuangan dirinya dan sang suami dalam meniti karier. Karena harus menjajal show yang tak kenal jarak dan waktu, Inul bercerita bahwa dirinya sempat mengalami asam lambung hingga muntah darah lantaran lupa makan.

"...sampe muntah darah krn lupa makan sampe sakit lambung...smua ikhlas kita jalani berdua," tulis Inul dalam caption unggahan akun Instagram pribadinya @inul.d.

Lantas, bagaimana asam lambung bisa mengakibatkan muntah darah?

Spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH menjelaskan bahwa penyakit lambung itu bermacam-macam, dari yang paling ringan, yakni gastritis fungsional, hingga yang paling berat, seperti ruptur atau robekan di lambung.

"Penyakit lambung akibat asam lambung bisa seperti hiperemis di dinding lambung tanpa adanya luka atau adanya luka ulkus yang kadang berdarah dan menimbulkan muntah darah," jelas dr Aru kepada detikcom, Senin (18/9/2023).

dr Aru menjelaskan, ulkus gaster merupakan kondisi saat terjadi luka pada dinding lambung. Namun, muntah darah tidak hanya disebabkan oleh luka di lambung, tetapi bisa juga disebabkan oleh luka di esofagus.

"Tetapi muntah darah bukan cuma disebabkan luka pada lambung, bisa juga disebabkan luka di esofagus seperti terjadinya pecahnya pembuluh darah esofagus," jelasnya.

Untuk itu, dr Aru berkata bahwa pemeriksaan lanjutan perlu dilakukan. Untuk memastikan apa penyebab muntah darah tersebut, pemeriksaan dimulai dengan CT Scan abdomen hingga endoskopi EGD.

Jika asam lambung merupakan penyebabnya, asam lambung yang keluar akan mencerna dinding lambung sendiri ketika perut kosong atau terlambat makan. Hal ini mengakibatkan iritasi hingga berujung pada tejadinya ulkus lambung.

"Bila disebabkan oleh asam lambung maka di saat perut kosong atau terlambat makan maka asam lambung yg keluar akan mencerna dinding lambung sendiri akibat tidak adanya makanan yg dicerna. Akibatnya dinding lambung teriritasi dan bila berat bisa membentuk terjadinya ulkus lambung," jelas dr Aru.

dr Aru berkata bahwa asam lambung yang keluar ini dapat dipicu oleh banyak penyebab, seperti stres, makanan yang asam, kopi, dan pola makan yang tidak teratur. Disamping obat-obatan, perbaikan pola hidup yang sehat penting untuk mencegah terjadinya ulkus pada lambung.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sempat Dialami Inul Daratista, Ini Alasan Sakit Lambung Picu Muntah Darah"