Hagia Sophia

19 April 2023

Ilmuwan Asal China Menyebutkan Kalau Virus COVID-19 Berasal dari Manusia

Ilmuwan asal China klaim COVID-19 kemungkinan berasal dari manusia. (Foto: China News Service via Getty Ima/China News Service)

Seorang ilmuwan asal China membuat klaim mengejutkan soal asal muasal virus COVID-19 yang menjadi penyebab pandemi di dunia. Menurutnya, virus COVID-19 ada kemungkinan berasal dari manusia.

Urutan genetik yang ada dari sampel virus yang diambil di Pasar Makanan Laut Huanan Wuhan "nyaris" identik dengan pasien yang terinfeksi virus Corona. Sampel dari pasar tersebut dianggap sebagai permulaan pandemi. Hal ini yang menunjukkan bahwa COVID-19 mungkin berasal dari manusia.

Menurut Tong Yigang dari Beijing University of Chemical Technology, ada lebih dari 1.300 sampel lingkungan dan hewan beku telah diambil dari pasar antara Januari hingga Maret tahun 2020. Peneliti telah mengisolasi 3 strain virus dari sampel lingkungan tersebut.

Dikutip dari CNN, Yigang mengatakan bahwa belum ada bukti yang kuat bahwa COVID-19 berasal dari anjing rakun. Seperti yang diketahui, dalam salah satu penelitian terbaru, virus COVID-19 juga kemungkinan berasal dari hewan rakun.

Peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China Zhou Lei meminta seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam melacak asal-usul virus. Ia menambahkan bahwa tempat pertama virus COVID-19 ditemukan belum tentu merupakan tempat asal virus tersebut muncul.

China sebelumnya telah banyak menerima kritik lantaran menghalangi penyelidikan internasional untuk menemukan asal-usul virus COVID-19. Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan belum mendapatkan data kunci dari China tentang awal mula wabah.

Walaupun begitu, China juga berulang kali mengatakan bahwa pihaknya sudah transparan dan kooperatif dengan pihak WHO.

Perdebatan soal asal muasal virus COVID-19 kembali muncul menyusul penilaian dari Departemen Energi Amerika Serikat yang menduga bahwa virus kemungkinan menyebar akibat kecelakaan laboratorium.

Zhou lantas membantah teori kebocoran lab tersebut dan mengatakan bahwa hal tersebut sangat tidak mungkin terjadi.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bikin Geger, Ilmuwan China Klaim Virus COVID-19 Berasal dari Manusia"