Hagia Sophia

16 April 2023

Liga Inggris: Chelsea Kalah dari Brighton 1-2

Brighton & Hove Albion menang 2-1 di kandang Chelsea (AP/Kirsty Wigglesworth)

Brighton & Hove Albion memetik tiga poin di kandang Chelsea. Sempat tertinggal duluan, Seagulls menang dengan skor 2-1.

Pada pertandingan yang dihelat di Stamford Bridge, Sabtu (15/4/2023) malam WIB, Chelsea memimpin lewat gol Conor Gallagher pada menit ke-13 sebelum disamakan Danny Welbeck tiga menit jelang turun minum.

Julio Enciso, pemain berusia 19 tahun, memberikan kemenangan untuk Brighton di babak kedua. Brighton kukuh di posisi ketujuh klasemen Liga Inggris dengan 49 poin, unggul lima angka dari Liverpool di posisi kedelapan. Chelsea terpuruk di posisi ke-11 dengan 39 poin.

Jalannya pertandingan

Brighton ambil kendali lebih dulu. Di menit keempat, Mac Allister lepas dari pengawalan di dekat gawang tapi sontekannya masih melebar.

Chelsea membalas. Tiga menit kemudian Mudryk lepas sepakan dari luar kotak penalti yang juga masih melebar.

Sekali lagi Mac Allister mengancam Chelsea. Diawali aksi solo run Mitoma, dirinya lalu beri umpan tarik ke Mac Allister , nama terakhir sepakannya kembali belum temui sasaran. Ferguson gantian punya peluang beberapa detik kemudian, tembakannya kena tiang.

Chelsea mencetak gol pertama lewat Conor Gallagher di menit ke-13. Diawali dengan umpan Enzo ke Mudryk di tengah lapangan, sang winger bergerak menusuk ke tengah dan mengirim umpan pendek ke Gallagher. Sepakan Gallagher terbentur Dunk, namun si kulit bundar mengalir ke dalam gawang.

Conor Gallagher membuat gol yang membawa Chelsea memimpin 1-0 (Foto: Getty Images/Chloe Knott - Danehouse)

March punya ruang tembak di luar kotak penalti pada menit ke-25. Sepakan melengkungnya masih melambung.

Semenit kemudian Mitoma punya peluang emas! Diawali aksi dribel yang manis, tembakan terukurnya dapat ditepis oleh Kepa.

Di menit ke-29, Mitoma lagi dan lagi punya peluang. Diawali dengan serangan balik yang cepat, sepakan mendatarnya masih melebar. Semenit kemudian, kembali shots off target dilepas Mac Allister.

Kepa sekali lagi bikin penyelamatan gemilang. Sundulan jarak dekat dari Ferguson di menit ke-34 dapat digagalkannya!

Brighton samakan kedudukan 1-1 di menit ke-42. Danny Welbeck yang baru masuk, catatkan namanya di papan skor. Welbeck menanduk bola umpan dari Gross. Kepa kali ini membeku.

Danny Welbeck menyamakan skor untuk Brighton 1-1 (Foto: AP/Kirsty Wigglesworth)

Pulisic punya peluang emas di menit akhir. Sundulan Pulisic masih bisa digagalkan Sanchez.

Babak pertama tuntas, skor sama kuat 1-1.

Masuk di babak kedua, Brighton masih mendominasi permainan dan tak memberikan Chelsea kesempatan mengembangkan permainan.

Peluang demi peluang didapat Brighton, salah satunya dari Julio Enciso di menit ke-60. Ensico merebut bola dari kesalahan umpan Reece James, dan langsung menusuk ke kotak penalti dari sayap kiri sebelum menembak dari sudut sempit, tapi masih membentur tiang. Rebound coba disambar Welbeck meski melebar.

Brighton berbalik unggul 2-1 pada menit ke-69 lewat gol indah Enciso. Soley March menggiring bola di tengah dan memberikannya kepada Enciso yang berada tak jauh dari kotak penalti.

Julio Enciso memastikan kemenangan Brighton (Foto: Getty Images/Craig Mercer/MB Media)

Julio Enciso memastikan kemenangan Brighton (Foto: Getty Images/Craig Mercer/MB Media)
Enciso menembak kencang bola ke pojok kanan gawang yang tak bisa dijangkau Kepa.

Setelah tertinggal, Chelsea berupaya untuk menyamakan skor tapi upaya mereka selalu sia-sia. Tidak ada peluang berarti yang dibuat oleh pemain Chelsea.

Hingga laga berakhir, Brighton tetap menang dengan skor 2-1.

Susunan pemain

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Trevoh Chalobah, Wesley Fofana (Reece James 57', Benoit Badiashile, Ben Chilwell; Conor Gallagher, Enzo Fernandez (Mateo Kovacic 57', Denis Zakaria (Mason Mount 74'); Christian Pulisic (Hakim Ziyech 56'), Raheem Sterling (Joao Felix 57'), Mykhailo Mudryk.

Brighton & Hove Albion: Robert Sanchez; Joel Veltman (Julio Enciso 28'), Lewis Dunk, Adam Webster, Pervis Estupinan; Pascal Gross, Moises Caicedo; Solly March, Alexis Mac Allister, Kaoru Mitoma; Evan Ferguson (Danny Welbeck 39')































Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Chelsea Vs Brighton: Comeback, Seagulls Menang 2-1"