Hagia Sophia

16 April 2023

Tips untuk Atasi Mata Kedutan dan Penjelasannya Secara Medis

Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

Kedutan yang terasa pada mata kanan atas seringkali dihubungkan dengan berbagai mitos yang memiliki arti tersendiri. Namun, kondisi kedutan yang terjadi pada mata juga ternyata memiliki penjelasan secara medis.

Nah, di dalam artikel ini, kita akan mengetahui penjelasan dan penyebab mengapa terjadi kedutan pada mata kanan atas dan bagaimana cara untuk menanganinya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fenomena kedutan mata kanan atas, mari simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai!

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Medis

Kedutan yang terjadi pada mata kanan atas ditandai dengan sensasi berdenyut pada bagian area kelopak mata kanan. Kondisi yang serupa juga bisa terjadi pada kelopak mata di sisi lainnya atau berkedut pada dua sisi mata sekaligus.

Dikutip dari WebMD, kedutan mata adalah kejang otot mata atau kelopak mata yang menyebabkan sensasi berdenyut yang tidak bisa dikendalikan. Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa detik, paling lama dua menit.

Mata yang berkedut umumnya bukan kondisi yang serius. Kondisi ini tidak menimbulkan gejala yang menyebabkan nyeri dan hanya berlangsung sebentar.

Meskipun demikian, kondisi ini ternyata bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada seseorang. Maka dari itu, sebaiknya segera mencari cara untuk menghilangkan kondisi ini.

Jenis Kedutan Mata

Berdasarkan tingkat keparahannya, mata yang berkedut dibagi menjadi tiga jenis. Berikut adalah penjelasannya.

1. Minor Eyelid Twitch
Dilansir dari Mayo Clinic, minor eyelid twitch atau myokymia adalah jenis mata berkedut dengan tingkat kepatahan yang paling rendah. Sensasi kedutan yang terjadi hanya berlangsung sebentar.

2. Benign Essential Blepharospasm
Benign essential blepharospasm merujuk pada kondisi dengan meningkatnya frekuensi kedutan mata. Pada kondisi ini, kedutan terasa cukup kuat sehingga membuat mata terbuka dan tertutup tanpa terkendali.

3. Hemifacial Spasm
Hemifacial spasm adalah kondisi yang cukup langka dan umumnya disebabkan oleh tekanan pembuluh arteri pada saraf di daerah wajah. Kondisi ini biasanya melibatkan otot saraf lainnya seperti mulut dan hidung.

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas

Kedutan yang dirasakan pada mata kanan atas tentu disebabkan oleh berbagai macam faktor. Berikut ini adalah penyebab kedutan mata kanan atas:
  • Mata lelah
  • Mata kering
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi kafein secara berlebihan
  • Konsumsi minuman beralkohol
  • Iritasi mata
  • Stres
  • Kurang tidur
  • Mata terkontaminasi benda asing
  • Konsumsi obat-obatan yang bisa mempengaruhi saraf
Cara Mengatasi Kedutan Mata Kanan Atas

Kedutan mata kanan atas bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi seseorang yang mengalami kondisi ini sehingga perlu segera diatasi. Dilansir dari laman Hopkins Medicine, berikut ini adalah cara mengatasi kedutan mata kanan atas.

1. Istirahat dan Tidur dengan Cukup
Kekurangan tidur akan menimbulkan kondisi mata yang lelah yang pada akhirnya bisa menyebabkan kedutan pada mata kanan atas. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan tidur kamu setiap hari di waktu malam hari.

2. Kurangi Konsumsi Kafein
Jika kamu sudah terbiasa mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein, maka konsumsilah dengan batas yang wajar. Konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan kedutan pada mata.

3. Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol
Merokok dan konsumsi minuman beralkohol merupakan penyebab mata berkedut. Jika kamu sudah memiliki kebiasaan ini, cobalah untuk menghentikannya secara bertahap.

4. Kelola Stres
Stres merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kondisi ini. Maka dari itu, lakukanlah berbagai metode untuk mengelola stres seperti olahraga, yoga, dan meditasi.

5. Gunakan Obat Tetes Mata
Kedutan pada mata kanan atas bisa disebabkan oleh kondisi mata yang terlalu kering. Maka dari itu, kamu bisa meringankan kondisi ini dengan menggunakan obat tetes mata.

Jika kedutan mata kanan atas masih terus berlangsung dan menimbulkan gejala yang lebih berat, maka segeralah untuk menghubungi dokter terdekat. Dokter akan meresepkan obat dan memberikan perawatan yang tepat untuk mengatasi kondisi ini.

Nah, itulah dia pembahasan lengkap mengenai kedutan mata kanan atas. Kondisi ini menandakan ada permasalahan pada mata kamu sehingga perlu segera ditangani dengan cara yang tepat.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kedutan Mata Kanan Atas: Penjelasan Menurut Medis dan Cara Mengatasinya"