Hagia Sophia

28 May 2023

Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023

Bayern Munich, juara Bundesliga 2022-23. Foto: Getty Images/BSR Agency

Tuntas sudah Bundesliga 2022-23, yang menghadirkan Bayern Munich sebagai juara. Berikut klasemen akhir kasta tertinggi sepak bola Jerman tersebut.

Bayern finis pertama usai mengalahkan Cologne 2-1 di pekan terakhir. Hasil itu membuat mereka mengumpulkan 71 poin, sama dengan Borussia Dortmund yang ditahan imbang Mainz 2-2. Bedanya, Die Roten unggul selisih gol dari Jude Bellingham dkk.

Bayern memiliki selisih gol +54, sedangkan Dortmund hanya +39. Sehingga trofi juara Liga Jerman kembali bertahan di kota Munich untuk ke-11 kalinya secara beruntun, yang menjadi sebuah rekor tersendiri.

RB Leipzig dan Union Berlin memastikan finis empat besar, masing-masing mengumpulkan 66 dan 62 poin. Mereka akan menemani Bayern dan Dortmund sebagai wakil Jerman di Liga Champions musim depan.

Freiburg yang tumbang 1-2 dari Eintracht Frankfurt di pekan terakhir harus puas finis kelima dengan 59 poin. Mereka berhak tampil di Liga Europa musim depan.

Bayer Leverkusen dan Frankfurt secara berturut-turut finis keenam dan ketujuh dengan 50 poin. Leverkusen unggul selisih gol (+8) dibanding Frankfurt (+6). Mereka dipastikan tampil di kompetisi Eropa musim depan, namun belum jelas turnamen yang mana.

Kedua tim harus menunggu hasil final DFB-Pokal antara Leipzig vs Frankfurt yang digelar 3 Juni mendatang. Jika Leipzig yang menang, maka satu tiket Liga Europa tersisa akan menjadi milik Leverkusen, dan Frankfurt akan tampil di Conference League.

Namun jika Frankfurt menjadi juara DFB-Pokal, maka mereka akan ke Liga Europa lewat jalur piala domestik, dan Leverkusen yang akan berkiprah di Conference League. Seperti itulah pembagian jatahnya di Bundesliga.

Untuk zona degradasi, Hertha Berlin harus turun kasta usai finis terakhir dengan 29 poin. Begitu pula Schalke 04 yang musim ini berstatus tim promosi, namun langsung turun lagi ke divisi dua usai hanya meraih 31 poin.

Sedangkan Stuttgart yang finis di urutan 16 dengan 33 poin masih berpeluang bertahan di Bundesliga musim depan. Namun mereka harus menjalani playoff melawan peringkat tiga klasemen akhir 2.Bundesliga lebih dulu.

Jika menang, maka mereka akan bertahan. Namun jika kalah, mereka harus turun kasta. Duel playoff itu akan berlangsung pada 1 dan 5 Juni mendatang. Lawan mereka baru akan diketahui pada Minggu (28/5) malam, usai pekan terakhir 2.Bundesliga tuntas.























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Klasemen Akhir Bundesliga 2022/23: Bayern Deutscher Meister!"