Hagia Sophia

28 May 2023

Liga Italia: Fiorentina Unggul Atas AS Roma 2-1

AS Roma takluk di markas Fiorentina. (Foto: Getty Images/Gabriele Maltinti)

AS Roma gagal menjaga keunggulan kala melawat ke Fiorentina. Unggul cepat, I Lupi kalah 1-2 setelah kebobolan dua gol di penghujung laga.

AS Roma bertandang ke Artemio Franchi, markas Fiorentina, pada Sabtu (27/5/2023) malam WIB, dalam lanjutan Liga Italia. Roma memainkan sejumlah pemain muda seperti Mile Svilar, Edoardo Bove, Filippo Missori, dan Benjamin Tahirovic, demi mengistirahatkan beberapa pemain inti jelang final Liga Europa.

Meski merotasi pemain, Roma berhasil mencatatkan start baik dan sudah unggul pada menit ke-11. Andrea Belotti lolos di kiri dan mengirimkan umpan silang ke Ola Solbakken di tiang jauh. Solbakken menyundul ke tengah dan disambar Stephan El Shaarawy ke dalam gawang.

Roma hampir mencetak gol kedua, kala Georginio Wijnaldum merangsek dari tengah namun diadang kiper Michele Cerofolini. Bola kemudian mengarah ke Ola Solbakken yang coba menembak dari sudut sempit, tapi disapu Lucas Martinez Quarta di garis gawang!

Tekanan berlanjut dari Roma. Sepakan El Shaarawy dari luar kotak penalti pada menit ke-44 ditip saja oleh Cerofolini.

Tak lama berselang, peluang Belotti yang digagalkan kiper Fiorentina. Sementara sepakan Edoardo Bove cuma melenceng tipis ke kanan gawang. Babak pertama berakhir.

Fiorentina memulai babak kedua dengan lebih agresif. Sundulan Nikola Milenkovic pada menit ke-67 masih bisa diamankan kiper Roma Mile Svilar.

GOL! Upaya Fiorentina membuahkan hasil pada menit ke-85. Umpan silang dari kanan ditanduk Rolando Mandragora ke tengah kotak penalti dan disambar Luka Jovic.

GOL! Fiorentina membalikkan kedudukan tiga menit berselang. Dari skema yang serupa, Christian Kouame menyundul bola ke depan gawang dan dicocor oleh Jonathan Ikone ke pojok kiri gawang.

Sampai pertandingan selesai, tak ada gol lain. AS Roma tertahan di posisi enam dengan 60 poin dari 37 laga dan terancam disalip Juventus. Sementara Fiorentina di urutan kesembilan dengan 53 poin.

Susunan pemain

Fiorentina: Cerofolini; Venuti (Dodo 62'), Martinez Quarta (Milenkovic 46'), Igor, Biraghi (Terzic 46'); Barak, Mandragora, Duncan; Ikone, Jovic, Saponara (Sottil 62')

AS Roma: Svilar; Bove, Smalling (Gianluca Mancini 46'), Llorente; Missori, Wijnaldum (Cristante 60'), Tahirovic, Zalewski (Abraham 80'); Solbakken (Ibanez 71'), El Shaarawy (Celik 46'); Belotti
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Fiorentina Vs Roma: I Lupi Kalah 1-2"